• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Media Berita arrow Pramuka Bakal Jadi Mata Pelajaran Wajib di SD
Pramuka Bakal Jadi Mata Pelajaran Wajib di SD PDF Print E-mail

ImageJAKARTA, Jika saat ini ada 10 mata pelajaran untuk siswa SD, nanti, jumlah mata pelajaran akan diringkas menjadi tujuh. Pramuka akan menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk siswa sekolah dasar (SD) pada tahun ajaran baru mendatang. Hal ini terungkap dalam draf perubahan kurikulum yang dipaparkan ke Wakil Presiden RI Boediono, Selasa (13/11/2012).

Selain Pramuka, enam mata pelajaran lain yang akan diajarkan di SD adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani serta Olahraga dan Kesehatan.

"Khusus untuk Pramuka adalah mata pelajaran wajib yang harus ada di mata pelajaran, dan itu diatur dalam undang-undang," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kepada pers di Kantor Wapres, di Jakarta, kemarin.

Salah satu ciri kurikulum 2013, khususnya untuk SD, adalah bersifat tematik integratif. Dalam pendekatan ini, mata pelajaran IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua pelajaran, yaitu dua mata pelajaran itu akan diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran.

Untuk IPA, lanjutnya, akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, sedangkan untuk IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Mendikbud mengatakan, kurikulum 2013 itu diharapkan bisa diterapkan mulai tahun ajaran baru 2013, tetapi sebelumnya akan diuji publik sekitar November 2012.

"Masyarakat bisa memberikan masukan atas setiap elemen kurikulum, mulai dari standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, hingga standar evaluasi. Dengan adanya uji publik ini, diharapkan kurikulum yang terbentuk telah menampung aspirasi masyarakat," papar Nuh.

Pemerintah berencana mengubah kurikulum SD, sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), serta sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik, melalui penilaian berbasis tes dan portofolio saling melengkapi.

"Siswa untuk mata pelajaran tahun depan sudah tidak lagi banyak menghafal, tetapi lebih banyak kurikulum berbasis sains," tambahnya. Menurut Nuh, orientasi pengembangan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, di samping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.

(Sumber : kompas.com )


User Comments

Comment by on 2012-11-15 02:23:20
good job.. 
.berbagi ilmu..

Comment by on 2012-11-22 15:46:21
Keren,, !

Comment by on 2012-11-27 13:54:20

Comment by on 2012-11-29 16:20:26
suka pramuka

Comment by on 2012-11-30 13:56:45
Sangat setuju sekali,

Comment by Anonymous on 2012-12-05 09:57:53
ajari anak muda untuk berwirausaha.....///biar gede indonesia banyak pengusaha

Comment by on 2012-12-07 12:46:12
Pramuka bukan Mata pelajaran tetapi kegiatan Ekstra Wajib 

Comment by on 2013-01-24 18:21:53
ya, setuju sama kak susilo. 
Kalau pramuka di jadikan mata pelajaran wajib itu sangat melenceng sekali, karena pramuka adalah pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga. 
sudah di atur dalam UU no 12 tahun 2010 (CMIIW). 
Pembina pramuka dan kamabigus di sekolah seharusnya minimal mempunyai sertifikat KMD. Sehingga pramuka dapat berjalan dengan baik. 
IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA 
SALAM PRAMUKA !

Comment by on 2012-12-20 01:35:39
baik... kita lihat nanti..

Comment by on 2012-12-15 11:24:23
Good news or bad news..?? ....

Comment by on 2012-12-23 13:46:09
wah pelajaran makin sedikit enak dong siswa gak pusing

Comment by hangji on 2012-12-24 07:59:17
kesungguhan dalam penerapan pada siswalah yang perlu mendapat penekanan, terutama dari guru, pemerintah dan masyarakat, yang mengacu pada ikhlas bakti bina bangsa ber budi bawa laksana, kalau betul menjiwai, tidak ada kata tidak berhasil 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Comment by hangji on 2012-12-24 08:24:07
kalau toh kepramukaan benar2 dijadiaka pelajaran ekstra yang di wajibkan di sekolah, harapan kami agar kwarnas segera berbenah terutama bahan ajarnya, meskipun samapai saat ini sudah ada sku dan skknya, tetapi masih perlu di tinjau atau di kaji secara dalam dan rinci, karena menurut kami materi ajar dalam Gp yang masih rancu adalah pada materi yang yang berkaitan dengan pramuka penggalang, dimana ada penggalang ingkat SD dan penggalang tingkat SLP, karena anak sering terjadi pengulangan ketika sudah masuk SMP, baik materi maupun TKU nya sekali lagi mohon di pertimbangkan

Comment by Sidqon Al faqry on 2012-12-26 19:31:29
aku sangat setuju diringkasnya mata pelajaran untuk tingkat SD dan SMP, apakah sudah siap membuat panduan yang berbasis sains setiap mata pelajaran, usul aku sebagai guru agama jika islam mohon setiap sub bab dikaji dengan ayat Al Qur'an sebagai pondasi pada siswa, untuk kegiatan pramuka menurut aku jangan di campur adukkan dengan Mapel wajib,

Comment by susilo on 2013-01-01 16:54:35
pramuka adalah ekstrakurikuler wajib, bila jd mata pelajaran wajib berarti menyalah aturan undang-undang pramuka, dan itu sangat melenceng sekali dari tujuan pramuka, pramuka adalah pendidikan nonformal jadi tidak selayaknya pramuka dipaksakan untuk menjadi mata pelajaran wajib di pagi hari, dan pramuka harus dibina oleh pembina pramuka bukan guru mata pelajaran, klo hal ini terjadi maka tujuan pramuka tidak akan terwujud hanya terkesan formalitas,saya sangat tidak setuju klo pramuka jadi mata pelajaran wajib, pramuka tetaplah ekstrakurikuler, hidup pramuka

Comment by susilo on 2013-01-01 16:54:39
pramuka adalah ekstrakurikuler wajib, bila jd mata pelajaran wajib berarti menyalah aturan undang-undang pramuka, dan itu sangat melenceng sekali dari tujuan pramuka, pramuka adalah pendidikan nonformal jadi tidak selayaknya pramuka dipaksakan untuk menjadi mata pelajaran wajib di pagi hari, dan pramuka harus dibina oleh pembina pramuka bukan guru mata pelajaran, klo hal ini terjadi maka tujuan pramuka tidak akan terwujud hanya terkesan formalitas,saya sangat tidak setuju klo pramuka jadi mata pelajaran wajib, pramuka tetaplah ekstrakurikuler, hidup pramuka

Comment by Anonymous on 2013-01-15 11:10:29
Pendidikan kepramukaan itu memang sangat baik untuk membentuk siswa yg berkarakter, tetapi sebaiknya termasuk pembelajaran exstrakurikuler wajib aja ya.

Comment by kamil lesmana. joemitzz78@rock on 2013-01-30 20:47:30
harus dilaksanakan dg baik dan terarah agr tercapai tujuannya..

Comment by Anonymous on 2013-02-13 08:56:17
boleh pramuka masuk dalam kurikulum, itu bagus sekali, dan saya sangat setuju, tapi hati2. perhitungkan juga buat orang yg tidak bertanggung jawab.

Comment by on 2013-02-20 09:19:12
ok. 
bener banget, Memang Pramuka HARUS jadi ekstra yang wajib...! 
untuk lebih mempersiapkan diri adek2 di Masyarakat kela...

Comment by on 2013-02-21 08:53:32
apabila di jadikan mapel wajib maka perlu kita tinjau kondisi pembina kita. khan banyak yang belum mampu untuk membina sehingg perlu di kaji dulu dengan matang. 
ekstra asal mampu membentuk karakter bangsa maka itu lebih baik kok menurut saya. 
maju terus pramuka : 
"jayalah pramuka jayalah indonesia "

Comment by on 2013-11-16 10:01:13
"Setuju" dengan catatan pembina Pramuka dan Mabigus memiliki pengetahuan dasar tentang Gerakan Pramuka dan paling tidak sudah mengikuti pelatihan KMD. 
Salam Pramuka..!

Comment by on 2014-03-08 15:47:36
Boleh2 sj pramuka dijdkan exkul di sekolah tp jgn sampe mengurangi waktu utk mapel wajib yg jauh lbh penting...dan hrs seluruh sekolah menerapkan dong...di batam kok gak smua sklh mengadakan yaaa..gimana dong...

Comment by on 2014-07-08 09:09:06
ya bner kemampuan guru itu gk sama,,,dan yg di ajarkan apa smua anak dr klas 1 mpe klas 6,atau gmana?...
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

Pesan-pesan lanjutan

SILAHKAN ISI KOMENTAR DALAM BOX.TERIMA KASIH
Tidak perlu login or register.

Powered by AkoComment 2.0!

Pancasila Pramuka
Sort Message of Scout (SMS)
slide_kwarda.gif
Media Top Net
mass.jpg
LAYANAN CHATTING