• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Karang Pembina arrow Konsep Petunjuk Penyelenggaraan Seragam Pramuka (rev)
Konsep Petunjuk Penyelenggaraan Seragam Pramuka (rev) PDF Print E-mail
Article Index
Konsep Petunjuk Penyelenggaraan Seragam Pramuka (rev)
Page 2

Dalam upaya penyempurnaan Seragam Pramuka, Kwartir Nasional telah mengedarkan konsep Seragam pramuka hasil pembahasan pada Pokja Penyempurnaan PP Seragam Pramuka yang dikirimkan ke Kwatir Daerah se Indonesia untuk mendapatkan masukan atau tanggapan pada rancangan seragam pramuka seperti gambar yang ada di bawah ini, berdasarkan surat edaran Kwartir Nasional yang kedua ( Revisi Rancangan ) :

 Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Surat edaran Kwarnas dapat dilihat disini

Kakak dapat pula memberikan tanggapan dan masukan dan tentu saja sesuai mekanisme di Kwartir Daerah masing-masing.

 

 


User Comments

Comment by Anonymous on 2012-09-19 00:26:52
trims postingannya

Comment by on 2012-09-23 11:23:11
salam pramuka, 
melihat rancangan yg ada, rasanya saya tidak lagi mengenal pramuka, terlalu drastis mengakomodir semua kepentingan yang ada

Comment by on 2012-09-23 12:02:38
Assalamu`alaikum 
Untuk yang pakaian muslimah, kerudungnya dikeluarkan lebih ok :) dan bajunya berbentuk jilbab bolehkan ya dan jangan pakai celana panjang biar sesuai ke Ketaqwaan Kepada Allah Yang Maha Esa banget...itu baru kereen..Indonesia Bersegera Menuju Syari`ah..

Comment by on 2012-09-25 09:35:35
Untuk Pramuka Penegak /Pandega didaerahku malah ada yang mirip bajunya TNI/polisi,,jadi bagaimana klu ada tambahan dikit yang diatas agar mirip2 seperti bajunya TNI/Polisi Khusus yang PDL...

Comment by on 2012-09-26 17:40:48
Assalamu'alaikum wr wb. 
saya setuju pendapatnya . kayanya keren benget gitu....

Comment by on 2012-10-02 11:08:35
Assalamu'alaikum 
salam pramuk 
saya setuju dengan desain nya 
yg berjilbab,jilbabnya biarkan keluar jangn dimasukan kedalam baju, 
jaya pramuka 
jaya indonesia

Comment by on 2012-10-07 06:29:38
salam Pramuka...... 
Ajine Rogo Soko Busono...... 
Kesederhanaan adalah kunci dasar seorang Pramuka 
dan tidak ada kesenjangan antar anggota adalah sifat Pramuka Duduk sama Rendah Berdiri sama Tinggi. Panggilan antar anggota Pramuka adalah Adik dan Kakak. mengapa dibedakan seragam antara anggota Dewasa dengan menggunakan JAS yg menunjukan kemewahan. Saya tidak setuju dengan seragam tersebut 
Jaya Pramuka ... 
Jaya Generasi muda .... 
Jayalah Indonesia

Comment by Anonymous on 2012-10-28 12:04:22
pramuka putri kenapa setengan lehernya disamakan dengan putra? itu kurang pantas dilihat.

Comment by on 2012-10-29 09:31:20
Salam Pramuka! 
Kalau rancangan seragam sudah cukup modern dan ok. Saran, bagaimana kalau pramuka mempunyai seragam tambahan lagi yaitu BATIK.  
Mengenai jas untuk anggota dewasa itu sudah tepat. terlepas dari mewah atau tidak. Kita pramuka juga harus punya seragam yang trendi karena akan berdampak pada wibawa organisasi itu sendiri. Dengan kata lain (up to date) 
Salam Pramuka!

Comment by on 2012-11-02 06:10:43
salam pramuka, 
untuk rancangan seragam saya setuju semua, cuma yang perlu dipertanyaakan adalah pembedaan pemakaian setangen leher putra siaga, pengalang di luar kerah kenapa yang penegak, pandega dan dewasa harus didalam. lebih baik diluar kerah saja biar seragam dan bangga dengan bendera indonesia. boden powell dan hamengkubuwono juga diluar dan mereka bangga mengenakannya. 
 
*************************************** 
admin : Kwarnas telah melakukan revisi konsep, setangan leher siaga dan penggalang yang dahulunya di luar dirubah menjadi di bawah kerah baju. (aspirasi telah ditindaklanjuti)

Comment by muhamma darasy on 2012-10-29 23:37:12
mau nanya neh.... 
kenapa kacu itu bentuknha segi tiga

Comment by on 2012-11-02 09:23:04
saya sangat setuju dengan konsep rancangan seragam yang mengingat sekarang sudah memasuki abad modern serta daya saing dari anak-anak peserta didik yang sdh jenuh dengan latihan pramuka, sehingga perlu adanya perubahan bentuk seragam pramuka yang tidak lepas dgn kiasan dasar perjuangan bangsa indonesia

Comment by on 2012-11-05 17:44:51
kak admin; yang terhormat 
tolong diberi penjelasan tentang aturan pengunaan setangen secara jelas. mengingat banyak rumor yang belum jelas tentang aturan tersebut.dikalangan kami sudah banyak yang memakai diluar kerah.serta mengapa tidak boleh diluar kerah.terima kasih jaya pramuka indonesia 
*********************************** 
Admin : Penggunaan Setangan leher sesuai dengan PP tentang Seragam Pramuka... kakak dpt download di media download PP di web ini. trims

Comment by on 2012-11-09 12:44:55
Konsep seragam saya setuju tetapi setangen leher yang putri sebaiknya di tetapkan saja karean dari segi penampilan kurang pas.

Comment by on 2012-11-09 18:00:15
Maksimalkan saja yang lama kak. Kenyataannya saja untuk seragam Pramuka yang ada adik-adik bingung karena kalau beli di toko yang bisa dijangkau, warna dan model banyak di toko-toko yang berbeda dari aturan yang ada. Kasihan adik-adik kak.

Comment by on 2012-11-12 09:11:48
terima kasih, untuk kakak admin atas penjelasannya..kami berharap rancangan seragam pramuka yang baru dapat segera di realisasikan dan di sosialiasikan. untuk kakak pembina yang lain mari kita dukung rencana seragam pramuka yang baru. besar harapan saya apabila pramuka dapat merapatkan barisan untuk gerakan perubahan indonesia.

Comment by on 2012-11-19 11:03:11
Semua Itu belum menjadi keputusan baru sebuah rancangan masih banyak yang perlu di pertimbangkan tentang setangan leher putri yang terlihat menjadi janggal dan tidak lazin karna setangan leher hanya untuk yang laik -laki, alangkah baiknya tetap menggunakan pita leher agar teteap terlihat anggun.

Comment by tonnydianayahoo.co.id on 2012-11-25 19:02:29
kami orcykn sj dgn pakar-pakar prmuka yg sdh mrncng dsain srgm prmka trbru ini. kmi ykin appun akn trlht anggun jka smwa mmg sdh dirncng dgn bk, niatan yg baik dn tjuan yg bk, tnntunya ttp dgn lndsn dsr prmka yg sdh qta pdomani slma ini, jika prbhn itu mmg harus untuk peningkatan citra pramuka indonesia knpa tidak. Jaya Pramuka Indonesia

Comment by tonnydianayahoo.co.id on 2012-11-25 19:02:31
kami orcykn sj dgn pakar-pakar prmuka yg sdh mrncng dsain srgm prmka trbru ini. kmi ykin appun akn trlht anggun jka smwa mmg sdh dirncng dgn bk, niatan yg baik dn tjuan yg bk, tnntunya ttp dgn lndsn dsr prmka yg sdh qta pdomani slma ini, jika prbhn itu mmg harus untuk peningkatan citra pramuka indonesia knpa tidak. Jaya Pramuka Indonesia

Comment by on 2012-11-26 13:06:34
kak admin yang terhormat, mungkin perubahan itu perlu untuk dilakukan akan tetapi saya tidak sependapat tentang setangan leher untuk putri, coba lihat sangat-sangat janggal, tetapi masih lebih anggun dan feminim ketika putri memakai pita leher seperti selamaini. kalau soal bentuk pakaian sich... Ok lah asal tidak merubah warna. Jayalah pramuka, jayalah Indonesia

Comment by jumaliyah on 2012-11-26 13:30:44
slm pramuka, perubahan untuk seragam sich Ok-Ok aja emang kelihatan lebih ajip........ tapi soal setangan leher yang dipakai oleh putri kok rasanya jadi kayak nyeleneh alias janggal, yach... masih feminim yang dulu lah saat memakai pita leher, kan semuanya mengandung makna antara pa/pi

Comment by on 2012-11-26 13:37:36
bagi yang seragam pramuka muslim bila jilbabnya diluar kemudian setangan/pita lehernya dikalungkan/dililitkan diluar malah mirip kayak pocooooooooooooooooooong

Comment by on 2012-11-26 13:44:28
Pakaian seragam pramuka putri itu sudah dirancang sedemikian rupa dg jilbab dimasukkan kedlm kerah baju agar terlihat gagah dan anggun, lagian jilbab didalampun tidak mempengaruhi keimanan seseorang, coba lihat seragam pramuka muslim dengan jilbab yang sangat lebar diluar kemudian diikat dengan pita/stangan dileher, persis kayak poocccooooooooooooooooooooooong

Comment by on 2012-11-29 21:17:00
salam pramuka, 
perkenankanlah saya untuk berkomentar 
menurut saya setangan leher putra dan putri jangan disamakan,karena sebagai pembeda,dan warna setangan leher tetap memakai model yang sekarang,yaitu merah bagian tepi,dan putih bagian tengah 
karena untuk mengganti itu semua membutuhkan biaya yang banyak,dan tidak semua orang mempunyai ekonomi yang lebih/mempunyai biaya untuk mengganti itu semua  
dan celana PDL dipakai ketika berada dilapangan saja,untuk kegiatan rapat atau pertemuan atau  
pun kegiatan yang lainnya tetap memakai model celana sekarang karena kelihatan lebih rapi 
terima kasih semoga komentar saya bermanfaat,dan bisa dipertimbangkan

Comment by on 2012-11-29 21:24:52
hasduke ora apik

Comment by on 2012-11-30 15:27:30
assalamu'alaikum wr.wb 
salam pramuka 
mungkin dengan adanya pembaharuan ini saya rasa tidak setuju dengan setangan leher perempuan yang disamakan dengan setangan leher laki-laki dikarenakan keanggunan seorang perepuan tidak terlihat .. 
dan saya kurang setuju dengan model celana , 
kenapa tidak sekalian dibikin seperti celana PDL aja kalau kaya gitu , 
terimakasih 
Salam pramuka 
wassalamu'alaikum wr.wb

Comment by on 2013-03-12 07:06:59
saya sangat setuju dengan rancangan nya .... bnyak yg kritik soal stangan leher ... mnkin tu ngikutin rancangan baju scout d luar negeri ....

Comment by on 2013-03-16 16:34:00
Salam Pramuka.... 
Mohon maaf sebelumnya, yang pertama tentang setangan leher untuk putri sy berharap tidak dirubah karena kurang cocok apabila pita leher diganti setanga leher. dan yang sy tau setangan atau pita leher itu harus masuk kerah baju, apakah dengan memakai kerudung pita leher itu harus tertutupi? sedangkan pita leher adalah identitas pramuka untuk putriyang mana pita atau kacu leher itu harus kelihatan.  
sy hanya merasa lebih baik tidak usah merubah sesuatu apabila yang lama masih dipandang baik dan tidak diperlukan untuk diadakan perubahan. Yang harus dirubah adalah sikap kita dalam menentukan, jadi jangan hanya dipandang, "gayanya bagus jadi kita ikuti". itu saja dan terima kasih

Comment by on 2013-06-07 14:23:15
Salam Pramuka 
 
Kak Admin,,, sy jd bingung dengan seragam PDL nya... ada bagian cokelat ada yang tidak pada bahu, kemudian setangan ada putih di tengan dan ada juga yang merah di tengah... tolong dong yang pastinya... untuk modelnya sich menurut sy udah bagus,,, biasalah kontroversi,,, sapa pun dan apapun yang di tampilkan disini pasti menuai protes.... tidak akan ada yang sempurna TQ

Comment by on 2013-03-27 14:38:25
SALAM PRAMUKA 
Pramuka Sungai Lilin, Kab. Musi Banyuasin, Sumatera Selatan : 
Rancangan Seragam Terbaru oke bangeeeeeeeeeeeeeeeet !!!! kito galo setuju bae, ado tetapinyo? kegiatan pramuka itukan tidak jauh dengan kegiatan lapangan. macam mano klu dasar pakaiannya diubah, jangan pakai dasar "RAPILO" Alasannyo :  
 
1. Panas, 2. Berserabut/berbulu, 3. Mahal Nian Hargonyo.  
 
SEMOGA USUL KAMI DAPAT MENJADI BAHAN PERTIMBANGAN. MOKASIH.......... SALAM PRAMUKA


Pancasila Pramuka
ban_gp.gif
slide_kwarda.gif
LAYANAN CHATTING