• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Apa Kabar Pramuka arrow Media Berita arrow Pengurus Kwarcab Makassar Pecah
Pengurus Kwarcab Makassar Pecah PDF Print E-mail

ImageMAKASSAR, Tiga pelatih andalan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Makassar yang dipecat sepihak Ketua Kwarcab Makassar, Ibrahim Saleh, beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Sedikitnya, 80 pelatih pun memilih keluar dari kepengurusan Kwarcab lalu membentuk wadah tersendiri, yakni Ikatan Persaudaraan Pelatih Pramuka Makassar yang disingkat IP3M. Wadah ini lalu bersikap dan bulat mendukung paket Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu`mang (Sayang) di Pilgub 2013 mendatang.

"Sebenarnya, Pramuka dilarang berpolitik praktis, tapi ini kan sikap pribadi. Semua pelatih di IP3M bulat mendukung Syahrul Yasin Limpo yang juga Ketua Kwarda Pramuka Sulsel," tegas Sekretaris IP3M, H Burhanuddin yang ditemui disela-sela acara Syawalan dan Halal Bihalal IP3M di Kompleks SMP Datuk Ribandang, Rabu 29 Agustus, siang tadi.
Burhanuddin yang kini menjabat Kepala SDI Kalukubodoa itu mengungkapkan, dia bersama dua rekan pelatihnya, yakni mantan Kepala SDI Pannampu, H Mappe Kasim dan Muh Tahir dipecat tanpa alasan yang jelas.

"Siapa yang tidak sakit hati kalau dipecat begitu saja, tanpa alasan yang jelas. Kami bertiga di pecat tanpa pemberitahuan, kami juga tidak tahu penyebabnya," kata Burhanuddin. Ditambahkan, IP3M terbentuk atas inisiatif para pelatih Pramuka di Makassar yang merupakan aksi solidaritas para pelatih yang tidak menerima pemecatan pelatih secara sepihak.

"Semua pelatih Pramuka Makassar sudah keluar dari kepengurusan Kwarcab. Mereka semua masuk dan bergabung di IP3M. Insya Allah dalam waktu dekat ini, IP3M akan dideklarasikan dan kita akan mengundang Ketua Kwarda Sulsel Syahrul Yasin Limpo," tukasnya.

Turut hadir dalam Syawalan dan Halal Bihalal IP3M tersebut diantaranya, Kepala UPTD Kecamatan Tallo, Kepala SDN Paccinang, H Said Sangkala SPd, Kepala SD, SMP dan SMA Datuk Ribandang dan sejumlah pelatih.

Haram hukumnya Pramuka berpolitik.

Menanggapi reaksi para pelatih Pramuka tersebut, Ketua Kwarcab Makassar Ibrahim Saleh yang dikonfirmasi wartawan, Rabu 29 Agustus siang tadi, menegaskan haram hukumnya Pramuka berpolitik praktis. Sebab menurut dia, Pramuka harus netral, termasuk pada pilgub mendatang.

"Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Pramuka itu kan sudah jelas. Bahwa Pramuka itu organisasi non politik, dan dilarang berpolitik praktis. Tapi kalau personnya, ya terserah mereka, itu kan hak pribadi masing-masing," kata Kepala Bappeda Makassar ini.

Ibrahim mengungkapkan, IP3M yang dibentuk pelatih "barisan sakit hati" itu ilegal, karena mereka membentuk organisasi tanpa sepengetahuan Kwarcab. "Wadah yang mereka bentuk itu ilegal," terangnya. (sms)

BERITA TERKAIT :

Pemecatan Pelatih Pramuka tak Terkait Politik

Makassar, Pemecatan tiga pelatih Pramuka tidak ada kaitannya dengan politik ataupun karena mendukung salah satu kandidat dalam pemilihan Gubernur Sulsel.

Begitu halnya dengan rencana pembentukan Ikatan Persaudaraan Pelatih Pramuka Makassar (IP3M), sama sekali tidak relevan kalau disebut bernuansa politik.

Wadah ini hanya sebagai penyalur potensi pelatih pembina Pramuka se Kota Makassar semata. Demikian diungkap Sekretaris IP3M, H Burhanuddin, Jumat 31 Agustus.

"Jadi, tidak benar kalau dikatakan saya dan semua pelatih Pramuka Makassar mendukung Syahrul Yasin Limpo dalam Pilgub 2013 mendatang. Tidak pernah saya berbicara politik, dan tidak pernah mengatakan mendukung SYL," tegasnya.

Mengenai pemecatannya sebagai Sekretaris Kwarcab Makassar, Burhanuddin mengaku bukan karena politik. Tapi perbedaan pendapat yang berujung Ketua Kwarcab marah besar, dan langsung memecat tiga pelatih pembina Pramuka.

"Saya, Pak Mappe Kasim dan Pak Tahir selalu mengingatkan Pak Ibrahim (Ketua Kwarcab, red) kalau sering bertindak diluar aturan Pramuka. Ya, mungkin tersinggung dan marah kalau sering kali diingatkan jika ada tindakannya diluar dari aturan Pramuka," tukasnya. (sms)

(Sumber : www.fajar.co.id )


User Comments

Comment by on 2012-08-30 13:02:42
Gerakan Pramuka ya Gerakan Pramuka yang sudah ada payung hukum kita : Undang-Undang Pramuka.. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga... Ingat Janji Tri Satya dan Dasa Dharma kita.

Comment by Safwan on 2012-08-31 15:56:29
berita ini sangat di dramatisir. hanya ulah segelintir orang yang merasa mewakili kelompok. Pramuka Makassar tidak terlibat politik praktis.

Comment by Anonymous on 2012-09-10 17:27:55
inilah kalau orang tidak memahami organisasi asal pecat, hal ini mungkin ditempat lainpun sama tetapi tidak mencuat seperti ini, cukup kalangan pramuka saja yg tahu. ini bukan rahasia lagi, bahwa kekuasaan itu adalah ambisi sedangkan kalau pramukakan watak yang diutamakan. inilah tanda-tanda bahwa pramuka akan mulai diseret sedikit-sedikit ke ranah politik. 
maka itu hati-hati Pembina dan Pelatih jangan sampai AD dan ART hanya di buku saja di dilaksanakan di lapangan. 
 
orang yang masih peduli pramuka.

Comment by K Hilal on 2012-09-13 12:31:30
Subhanallah...Apapun alasannya..Apapun dalihnya! Semua terjadi karena berbeda pilihan politik. Terlalu kerdil dalam berpolitik. Padahal semua bisa dimusyawarahkan. Berbeda itu SAAANGAT INDAH kak. Kakak2 para Pelatih..Lanjutkan perjuangan kakak. Biarkan anjing menggonggong, Kaflah tetap berkarya. Mari buktikan...siapakah PRAMUKA SEJATI? Apakah Pramuka karena jabatan, Pramuka karena baju, atau Pramuka karena karya & bakti? Terus dengungkan pertanyaan di dada...MASIH ADAKAH PRAMUKA DI HATIKU? Agar Baden Powell tidak kecewa, karena kita telah mengotori kesucian karyanya. Rabb..bimbing kami...Satukan hati kami dalam Satya dan Dharma Pramuka. Amiinn

Comment by K Hilal on 2012-09-13 12:38:30
Penetapan Fatwa HARAM hanya dibolehkan oleh lembaga resmi seperti MUI dengan Rujukan Al-Qur'an Hadis. Istilah HALAL-HARAMpun adalah kewenangan syariat. Untuk kasus di atas..bukan HARAM, tapi DILARANG. Spy...kita bicara sesuai konteksnya.

Comment by amy on 2012-09-13 19:45:02
jangan menjadikan Organisasi Gerakan Pramuka Sebagai Ajang POLITIK

Comment by ammank on 2012-09-16 14:01:51
waoooww sangat buruk perbuatan ini,,, 
bikin malu makassar saja sya ini putra makassar yg mewakili kab maros untuk pergi jambore nasion IX 
 
harusnya membuat keputusan itu harus di musyawarahkan dulu,,, 
 
jangan sepihak,, 
 
Bikin malu aja,, coba intip kwarcab maros aman,damai,tertib....

Comment by on 2012-09-19 10:18:10
sudah ditegaskan, pramuka tidak boleh memasuki ranah politik, apapun alasannya. Selain itu, pimpinan kwartir adalah orang yang dipercaya oleh musyawarah kwartir untuk mengelola kwartirnya. Jadi, dak bisa sembarangan memecat anggota, terlebih karena sentimen atau beda pandangan. Satu Pramuka untuk Satu Indonesia. Jayalah Pramuka

Comment by on 2012-09-24 09:37:36
Sebenarnya berpolitik itu hak warga negara Indonesia, sekaligus kewajiban. Itu salah satu alasan mengapa tidak boleh golput :) Tetapi di dalam kegiatan Pramuka hak berpolitik ini tidak diperbolehkan sampai mendukung parpol/ calon tertentu karena bisa mengurangi persatuan dan kesatuan, apalagi sampai ada dukungan resmi. Misal Kwarcab X dukung no.1, Kwarcab Y dukung no.2 lalu angggota yang dukung no.3 masak ya harus keluar ^_^ 
Mengenai halal atau haram, sebaiknya kita berhati-hati. Saya sepakat dengan kak Hilal karena halal haram itu ranah syariat.  
Nah, buat kakak-kakak di Makasar yang sedang berselisih paham semoga dapat menyelesaikan kesalahpahaman itu dengan baik-baik. Pramuka itu patuh dan suka bermusyawarah ^_^ 
Salam Pramuka!

Comment by 01zulkifliyusuf on 2012-10-08 11:09:32
Apa Gunanya Masuk Pramuka kalau melanggar KODE ETIK Gerakan Pramuka !!
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

Pesan-pesan lanjutan

SILAHKAN ISI KOMENTAR DALAM BOX.TERIMA KASIH
Tidak perlu login or register.

Powered by AkoComment 2.0!

Pancasila Pramuka
ban_gp.gif
jota.jpg
fox.jpg
LAYANAN CHATTING