• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Karang Pembina arrow Jenjang Sistem Diklat Anggota Dewasa (Bag.1)
Jenjang Sistem Diklat Anggota Dewasa (Bag.1) PDF Print E-mail

Sistem Pendidikan dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dari proses pembinaan anggota dewasa   yang secara garis besar terdiri atas kursus,  pertemuan dan kegiatan.

Kursus Pembina Pramuka Mahir

adalah kursus linier yang dilaksanakan secara beurut dan berjenjang.. Kursus ini terdiri atas dua jenjang yaitu:

1) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) 

KMD adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir. Peserta KMD adalah anggota dewasa ( Pembina) dan Pandega yang akan membina  peserta didik di Gugusdepan.

Narakarya I

Setelah selesai KMD, mereka  diharuskan melaksanakan masa pengembangan yang disebut dengan narakarya I, yaitu mempraktekkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina pada gugusdepan selama 6 bulan . Pada masa pengembangan didampingi seorang Pelatih Pembina. Mereka yang telah menyelesaikan Narakarya I berhak mendapatkan surat keterangan dan Surat Hak Bina ( SHB).

Selanjutnya dapat mengikuti jenjang berikutnya

2) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML)

KML adalah jenjang kedua Kursus Pembina Pramuka Mahir yang dititikberatkan pada praktek membina satuan. Peserta KML adalah lulusan KMD dan menyelesaikan masa pengembangan (Narakarya I ) dan akan memilih spesialisasi Pembina Pramuka Golongan Siaga, Penggalang dan  Penegak /Pandega

Narakarya II

Setelah mengikuti KML, seorang pembina harus melakukan masa pemantapan  untuk membina pada gugudepan selama 6 bulan . Pada masa pemantapan didampingi seorang Pelatih Pembina. Mereka yang telah menyelesaikan Narakarya II berhak dilantik menjadi Pembina Mahir, mengenakan selendang dan pita mahir serta Ijasah.

Kursus Pembina Pramuka Mahir (Dasar dan Lanjutan) merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan, karena saling melengkapi.

Skema Penjejangan pada KMD dan KML :

 Image

 Baca SK  Kwarnas ( Lbr.1) tentang Sistem Diklat Bagi Anggota Dewasa Klik Disini

 


User Comments

Comment by on 2012-03-18 00:57:36
bagaimana caranya untuk mendapatkan sertifikat pembina mahir, sedangkan di Bali, pada khususnya di Karangasem belum ada pelatihannya, tolong di bantu,,, 
**************************** 
Jawab : 
Kakak dapat menghubungi Kwartir Cabang di wilayah kakak, pasti disana akan mendapatkan banyak informasi. Trims.

Comment by on 2012-09-05 13:51:06
Kak... saya udah mengikuti KML insya Alloh sedang menjalankan program pengembangan selesai desember , surat keterangan itu apa dari mabigus dan dilampiri programnya , untuk ditujukan ke kwarcab?

Comment by syukron on 2012-10-18 22:17:51
apakah kalau sudah mengikuti narakarya 1 kemudian pengukuhan menjadi pembina trus dapat tanda nara karya kak

Comment by on 2012-11-18 17:05:16
salam pramuka,,,,kak tanya saya sudah membimbing/membina selama 5tahun tetapi tingkatan saya masih laksana, 
mohon petunjuknya apa yang harus saya lakukan ke depannya? 
********************************** 
admin : Maaf, kurang memahami yang dimaksud, dan sejak kapan/ golongan apa saat membina dan saat ini sdh berusia berapa ? trims.

Comment by on 2013-09-29 09:25:56

Comment by Anonymous on 2014-01-11 23:39:04
Kak Syukron : setelah menyelesaikan NK-1 oleh Pelatih Konsultan(pelatih pendamping pada masa pengembangan/RTL) mengusulkan kepada Kwarcab ut di Lantik jadi pembina, melalui Rekomendasi/pertimbangan Pusdiklatcab. Pelantikan dilakukan dlm suatu upacara perorangan/kolektif setelah SK.Pengangkatan Pembina diterbitkan.Dlm upacara tsb diserahkan SHB...Ut lencana Narakarya/Naratama ada tersurat dlm Jukran/Panduan Sisdiklat/Kursus Mahir...tp Kwarnas/Pusdiklat belum memberikan penjelasan rinci bentuk, gambar, bahan dll......trims masukan

Comment by on 2014-03-04 07:42:51
askum... 
kak.. kemarin z ikut KML truz dapat tugas membhs tentang isi SK kwarnas no.200 th 2011 tolonk donk k dikirimkan sk dan lampirannya yaaa... mohon bantuannya... 
terimah kasih...

Comment by on 2014-05-07 11:24:39
Kak, saya tinggal di Samarinda, baru mengikuti KMD (Kursus Mahir Dasar) pramuka, namun kendala saya dan teman saya adalah membuat narakarya 1, jadi tolong dong kirimkan contoh file narakarya 1 di email: , tolong ya kak ini untuk kemajuan bangsa kita (Indonesia)
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

ban_gp.gif
fox.jpg
LAYANAN CHATTING