• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Artikel Bebas arrow artikel pramuka arrow Pramuka ? Hah.... ?
Pramuka ? Hah.... ? PDF Print E-mail
ImagePramuka sekarang sudah tidak mengasikkan lagi menurutku, apalagi kalo lihat pramuka di sekolah-sekolah, baik itu di SMP atau sederajatnya, SMA dan sederajatnya. Hampir semua siswa di sekolah-sekolah tersebut merasa tidak sreg dengan pramuka. Mereka mengikuti kegiatan pramuka hanya karena sebuah paksaan, dan ancaman dari pihak guru, senior atau lebih lengkapnya dari peraturan di sekolah tersebut yang mewajibkan setiap siswa untuk mengikuti pramuka. Atau bisa juga tidak semua siswa tapi hanya siswa dari kelas VII, VIII, X dan XI saja yang wajib mengikuti pramuka, karena dengan alasan kelas IX dan XII sebentar lagi akan menghadapi UN yang menakutkan itu. Boleh deh kalau tidak percaya coba diadakan penelitian tentang pramuka di sekolah-sekolah, apakah siswa-siswa yang setiap sekolah dengan kesadaran tinggi mau mengikuti kegiatan ini, pasti jawabanya adalah "hanya karena terpaksa dengan aturan sekolah".

Mengapa pramuka tidak lagi menarik ? apa mungkin ini karena modernisasi zaman yang terus terjadi ? atau mungkin juga pramuka sudah tidak semenarik seperti pada masa generasi tua (guru, orang tua para siswa) dulu, atau juga mungkin kegiatan yang dilakukan di sekolah-sekolah tersebut tidak dapat memerbikan daya tarik sendiri kepada para siswa. Ya, semua kemungkinan itu bisa saja benar, tapi juga bisa saja salah, kita tinggal perlu membuktiknya lagi, tapi saya sudah membutkikan itu semua pada waktu mendapatkan kesempatan praktik pengalaman lapangan di sekolah. Dan kenyataanya adalah pramuka tidak lagi memberikan daya tarik bagi mereka. 

Menurutku, pramuka harus dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Sekarang zaman sudah modern, semua serba menggunakan teknologi untuk mempermudah setiap pekerjaan, kenapa dalam pramuka masih saja dituntut menggunakan sandi-sandi yang membingungkan, morse dan semapore yang membuat mata kiyip-kiyip.Zaman sekarang semua orang sudah familiar dengan yang namanya HP, tengtop eh maaf maksudnya leptop, GPS, dan internet. Kenapa pramuka tidak mengajarkan bagaimana cara memaksimalkan semua itu, HP tidak hanya untuk SMS atau sekedar update status pesbuk ato tewiter saja tapi kenapa tidak dimaksimalkan untuk memberikan pesan yang berupa sandi-sandi, jadi pramuka tidak membosankan. Kita lihat pramuka hanya mengenakan seragam coklat-coklat tapi gak enak untuk dimakan.Kenapa tidak seragam itu kita beri variasi biar tidak membosankan dan monoton, kenapa baris berbaris tidak diberikan variasi dengan goyangan dangdut atu jogetan ala break dance agar lebih asik dalam berbaris. Ia, mungkin sebagian orang menganggap itu akan menghilangkan makna dan konsep dasar dari pramuka, tapi apakah salah ? saya pikir itu gak salah, kita gunakan itu untuk memancing anak-anak muda sekarang untuk kembali ke pramuka dan kalau memang pengen pramuka itu tetap ada di Indonesia.

Kalau pemerintah tidak bisa membuat semua itu nyata kenapa tidak kita mulai dari tempat dimana pramuka itu dilaksanakan ? di sekolah tempat anda memberikan binaan pramuka (karena andalah yang menjadi pembina disana). Cobalah untuk sedikit kreatif dalam hal pramuka agar pramuka itu menjadi lebih asik, toh seorang pramuka itu harus kreatif, kalau sudah tau pramuka itu membosankan kenapa tidak dirubah bagaimana agar pramuka tidak membosankan. Aku punya rekomendasi dimana anda bisa melihat kegiatan pramuka yang lebih mengasikan.Silahkan datang dan saksikan kegiatan kepramukaan di pondok pesantren seperti ponpes Pabelan di Mungkid Magelang, Gontor Ponorogo, atau mungkin juga pondok pesantren modern yang lain yang lebih dekat dengan anda berada. Itu hanya reverensi dari saya, bila ada yang lebih memuaskan ya silahkan saja, toh yang penting gimana caranya agar pramuka di Indonesia kembali mendapatakan gairahnya lagi untuk mencapai klimaks.

Sumber dan penulis : http://www.edus.web.id/2011

 


User Comments

Comment by abay on 2012-05-26 11:46:18
kata capa tidak mengasikan justru bisa merubah hidupku menjadi lebih baik

Comment by on 2012-07-27 12:18:58
menurut saya prmuka masih tetap mengasikan..akan tetapi sedikitnya guru yg paham akan prmuka :)

Comment by Anonymous on 2013-01-07 13:34:08
Di beberapa intansi pemerintah dan swasta sekarang sedang ngetrend outbound.Di antara mereka pasti ada yang pernah mentertawakan pramuka seperti pramuka pramudi pramuka belon mandi.Sekarang gantian sayalah yang tertawa karena mereka tertipu kalau sebenarnya mereka sedang menjadi Pramuka.
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

Pancasila Pramuka
ban_gp.gif
slide_kwarda.gif
LAYANAN CHATTING