• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Apa Kabar Pramuka arrow Media Berita arrow Studi Banding DPR ke Negara Gagal Pramuka Terlalu Dicocok-cocokkan
Studi Banding DPR ke Negara Gagal Pramuka Terlalu Dicocok-cocokkan PDF Print E-mail

Image( DetikNews) Jakarta - Panja Pramuka Komisi X DPR memang unik, mereka menabrak pakem dengan memilih mencari ilmu ke negara gagal Pramuka yaitu Afrika Selatan. Tak ayal hal ini melahirkan tudingan kegiatan ini hanya dicari-cari.

"Ini tidak jelas urgensinya, alasan studi banding ke Afrika terlalu yang dicari-cari, terlalu dicocok-cocokan," tuding pengamat kebijakan publik Andrinof Chaniago saat berbincang dengan detikcom, Rabu (15/9/2010).

Dia menilai studi banding itu aneh. "Banyak yang aneh dan janggal dalam studi banding kunjungan kerja DPR. Contohnya studi banding ke Afrika Selatan yang Pramukanya gagal. Studi banding hanya pembungkus saja dari bagi-bagi jatah ke luar negeri" katanya.

Bila anggota DPR yang melakukan studi banding ke negeri gagal kembali ke Indonesia, hasil kajian akan sia-sia. Karena DPR dinilai tidak bisa mengidentifikasi tujuan negara target studi banding.

"Buat apa ditagih hasil kajiannya kalau berangkat ke tempat yang gagal, sia-sia saja," tuturnya.

Seharusnya, imbuh Andrinof, DPR melakukan studi literatur lebih dulu ke negara mana yang maju dalam kepramukaan. "Harusnya pelajari literatur dari internet, terus minta bantuan KBRI di negara yang teridentifikasi maju Pramukanya," usulnya.

Akademisi UI ini berpendapat, memajukan Pramuka tidak cukup sekadar studi banding atau kunjungan kerja negara, tapi dengan melakukan studi literatur dan investigasi.

"Kalau hanya kunjungan negara pasti yang dikasih yang baik-baiknya saja, tidak mendalam," ujarnya.

Panja Pramuka terdiri dari 3 rombongan yang masing-masing berangkat ke Jepang, Korsel dan Afsel. Afsel dipilih karena Pramukanya kedodoran, sehingga Panja nantinya mampu mengindetifikasi mengapa Pramuka berhasil di Jepang dan Korsel namun gagal di Afsel.

 

Kwarnas Pramuka: Kami Tak Bisa Komentar Apakah Afsel Lebih Baik

Image(detikNews) Jakarta - Rencana Komisi X DPR yang akan melakukan studi banding Pramuka ke sejumlah negara mendapat banyak kritikan. Namun, Kwartir Nasional Pramuka menilai studi banding itu sah saja dilakukan. "Saya rasa itu sah-sah saja. Karena saya dengar kunjungan itu merupakan salah satu mekanisme kerja DPR. Jadi itu hak mereka untuk menggunakan mekanisme dalam pembuatan RUU tersebut," kata Ketua Kwartir Nasional Pramuka Azrul Azwar saat dihubungi detikcom, Selasa (14/9/2010).

Namun Azrul enggan berkomentar mengenai pemilihan negara-negara yang menjadi negara tujuan studi banding itu. " Kalau masalah Afsel dan negara-negara pilihan lain, saya tidak bisa komentar apa itu lebih baik atau tidak. Mereka pasti lebih tahu apa yang mereka butuhkan," katanya.

Azrul menyatakan, UU pramuka merupakan sesuatu yang penting. Hal ini disebabkan dari 150 negara anggota  World Organization of the Scout Movement hanya beberapa negara, termasuk Indonesia, yang belum punya UU itu.

"Ya mungkin mereka butuh informasi dari luar untuk membahas RUU ini. Tidak masalah toh tidak semuanya dari mereka punya pengalaman di Pramuka. Sebab itulah mereka butuh informasi untuk pembuatan RUU Pramuka," katanya.

 

Berita lainnya ( Video ) KLIK DISINI


User Comments

Comment by on 2010-11-07 19:21:23
perhatian yang besar tehadap generasi muda dalam wadah gerakan pramuka sebagai calon pemimpin masa depan.

Comment by Anak bangsa on 2010-09-19 12:22:08
ya sudahlah... ( Bondan-MP3 )

Comment by on 2010-10-01 16:30:13
percuma studi ke luar negeri,,,,, klo mau pramuka di idonesia maju ga usah jauh2 ke luar negeri,,,, tinggal dukung aja kegiatan2 yg di ada, misal pendanaan klo ada kegiatan,,,, trus dukungan dari instansi2 juga,,,, knapa mesti repot ke luarnegeri segala,,,,, pemborosan tuh,,,, coba dananya untuk ngadain kegiatan,,,,

Comment by Kawan K.Yeyet on 2010-09-25 16:29:27
Gimana Kak Yeyet, sudahkan dapat oleh2 dari afrika selatan ? Souvenir Bola Dunia juga bagus2 lho...?

Comment by on 2010-09-23 07:59:43
Oh...begitu ceritanya...! Majulah Pramuka Patriot Bangsa....! Mana pernah sih Pramukan Membrontak negaranya sendiri...mari Kita dukung...!

Comment by ANGGI SBY on 2010-09-30 22:29:55
Assalamualaikum wr wb 
Salam Pramuka.....kami sngat mengharapkan kakak2 yg berada diatas yang jajaranx jauh diatas kami, krena kami hany sbtas gugusdepan....marilah kita terus berjuang agar pramuka tetap maju....sy sendri siap mengabdi untuk pramuka......organisasi Q tercinta,.

Comment by H.Yeyet Sukayat/sukayat45@yaho on 2010-09-22 04:10:38
Selamat Datang-Kembali di Tanah Air NKRI,: Yth.Ka.-MABINASGPI DPRRI. 
Semoga hasil kunjungan ke Afsel,Korea,Jepang, segera dapat digelar, dan UU KePramukaan RI segera di Undangkan. Salam Pramuka.

Comment by HYSPCC-PCTABDG/sukayat45@yahoo on 2010-09-20 06:42:21
Selamat Idul Fitri-Maaf Lahir Batin,... 
Sebagai, GPI, setuju dengan pernyataan Ka.-Kwarnas; 
Bahwa DPRRI,ke Afsel,Jepang,Korea, adalah bagian dari Mekanisme DPR, untuk segera mewujudkan UU-Kepramukaan.Agar dengan payung UU tsb.Gerakan Pramuka Indonesia, dapat lebih terdorong-terlihat kemajuannya dalam mengawal-mewujudkan-Cita2 Kemerdekaan NKRI 170845-PancaSila-UUD45.Menuju Indonesia Yang Maju-Hijau-Demokratis-Sejahtera. 
Mudah-mudahan,setelah sepulangnya Bapak2-Yth.DPR, UU KePramukaan-segera di Undangkan. 
Selanjutnya; Ka.-KWARNAS Besama Ka.MABINAS (Presiden-Wk.Presiden-KabinetRI-DPRRI-Tokoh Pejuang-Pencinta GPI) melaksanakan RenProGiatLak Pramuka.; 
-Segera Pramuka Masuk-Kembali-Membangun Desa-Pedesaan (GugusDepan-Bumi Perkemahan Gerakan Pramuka Cinta Tanah Air=GubugPCTA). 
Rencana Ka.Kwarnas akan dibangun 1000 GubugPCTA di seluruh NKRI,untuk ikut serta membangun Pedesaan ,mengatasi-solusi NKRI.; 
Seperti, Kerusakan Lingkungan Hidup-Kehidupan,Membuka Lapangan Kerja-Penghijauan Hutan-Gunung,Mengurangi Kemiskinan-Keboidohan,Masalah TKI-TKW,Masalah Urbanisasi,Masalah Kemacetan IbuKota RI,Memindahkan-Memperluas Ibukota ke Pedesaan Kab.Karawang (Usul Ka Kwarda Jabar/Ka.Dede)dsb. 
Dan yang tidak Kalah Pentingnya,Rencana Ka.Kwarnas, untuk membangun Internet/Pramukanet,yang mengkomunikasikan, Ka-Kwarnas-Ka-Mabinas,-Kwarda-Kwarcab-Kwaran-GubugPCTA-NKRI.Salam Pramuka. 
(H.Yeyet Sukayat.Pramuka Cinta Citarum-Pramuka Cinta Tanah Air Bandung-NKRI.) 

Comment by Den mas pandu pamungkas on 2010-11-20 17:28:53
Pramuka itu hebat bgi saya tapi mengapa sebagian dari orang tua mereka yang ingin ikut kegiatan Pramuka tidak mengizinkan mereka yang ingin mengikuti kegiatan pramuka itu...... 
cobatanyakan kepada orang tua kamu..... 
alasannya...??? 
mengapa....???
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

Pesan-pesan lanjutan

SILAHKAN ISI KOMENTAR DALAM BOX.TERIMA KASIH
Tidak perlu login or register.

Powered by AkoComment 2.0!

ban_gp.gif
fox.jpg
LAYANAN CHATTING