• Visi : Gerakan Pramuka Menjadi Pilhan Utama Bagi Pembentukan Karakter Kaum Muda
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Apa Kabar Pramuka arrow Media Berita arrow Revitalisasi, Pramuka Akan Ganti Seragam
Revitalisasi, Pramuka Akan Ganti Seragam PDF Print E-mail
Article Index
Revitalisasi, Pramuka Akan Ganti Seragam
Page 2

Revitalisasi diperlukan agar generasi muda tetap tertarik dengan Gerakan Pramuka.

ImageVIVAnews - Pemerintah tampak serius dalam upaya merevitalisasi gerakan Praja Muda Karana (Pramuka). Tidak hanya melakukan pembaharuan di materi, Pramuka pun direncanakan mengganti atribut organisasi, termasuk rencana mengganti seragam.

Hal ini diungkapkan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar usai menemui Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Rabu, 4 Agustus 2010.

"Sedang kami susun tim. Mudah-mudahanan kita punya atribut yang cocok dengan generasi saat ini, situasi dan kondisi saat ini," kata Azrul.

Selama ini, Pramuka juga identik dengan seragam coklat. Apabila ada penggantian seragam, seperti apakah warna seragam Pramuka mendatang?

"Tim itu yang akan kami minta, apakah model bajunya seperti begini? Apakah warnanya akan diubah atau dipertahankan seperti ini? Apakah terus pake peci atau tidak, kami serahkan kepada mereka," kata Azrul.

Selanjutnya, Azrul menjelaskan, tim tersebut akan melakukan studi banding mengenai penggantian seragam dan atribut Pramuka. "Bukan studi ke luar negeri. Tapi melihat contoh-contoh dari 150 negara yang tergabung dalam World Organization of Scout Movement," kata Azrul.

Selain itu, Azrul menjanjikan revitalisasi Pramuka akan melakukan pembaharuan metode pendidikan. Misalnya dengan penggunaan internet dalam Jambore Pramuka, juga kegiatan terbang layang dan aero modelling dalam aktifitasnya.

Dengan demikian, Azrul berharap generasi muda akan tertarik dengan Gerakan Pramuka. (adi)

 View Comment KLIK DISINI


User Comments

Comment by GUEST on 2010-08-17 16:56:42
wah sragamnya uda bagus masih diganti jangan dahhhhh  
mending tetep biar keliatan aslinya pramuka Indonesia yang udah bertaun taun  
mending diadain banyak kopetisi yang hadiahnya menarik  
hehehehehe

Comment by Tarmizi / on 2010-08-30 09:07:36
Warna biarkan coklat muda coklat tua, baju siaga saja yg perlu disamakan saja dengan penggalang, bila mereka siaga pindah golongan ke penggalang tak perlu ganti baju, gantu TKU saja dan tnda regu, sudah itu saja yg membedakan.

Comment by GUEST on 2010-08-08 23:23:47
Bener nih, kak azrul...?

Comment by GUEST on 2010-08-09 16:18:16
apa perlu pakaiaan kita diganti,,,menurut saya kayaknya nga usa deh karna dengan pakaian yang kita gunakan saat ini itu sudah lebih dari cukup,,,,mungkin bukan warna ataupun bentuk dari pakaianya yang di ganti,,namun atributnya saja yang sebaiknya di perbaharui dengan menggunakan bahan2 yang lebih moderen dan agar terlihat lebih bagus dan menarik dan dengan harga yang terjangkau.

Comment by on 2010-11-07 09:57:14
teruz,ada gak,sk pramuka yang mewajibkan di adakannya pramuka di setiap sekolah tingkat sma?

Comment by GUEST on 2010-08-10 23:46:30
Sekarang ini sudah banyak penggunaan seragam yang keliru pemakaiannya, ditambah-tambahi tanda lainnya diluar petunjuk seragam, anak penggalang ( SMP ) sudah pake celana panjang padahal bukan dari gudep khusus. Gimana nie..kwarnas...bisa jadi bahan masukan....?

Comment by on 2010-08-18 14:08:53
apapun bentuk atau warna seragam itu jangan lah lupa landasan dan pedoman dari gerakan pramuka itu sendiri q kn tetep mendukung demi kemajuan pramuka dan nusa bangsa

Comment by GUEST on 2010-08-17 22:33:29
menurut saya jangan karena bukan saja akan memakan waktu yang lama dan juga biaya yang besar.. 
bukan seragamnya tapi materinya saja yang disesuiakan mulai dari SKU,SKK,DLL. 
agar dibuat sesuai perkembangan jaman sehingga lbh menarik  
 
OKky prabowo..Racana Unwir

Comment by 7305-Jabar Yes-Nias Oke.! on 2010-08-20 01:16:14
Pertanyaan buat admin dulu neh.?!! Kira2x cuap2x kita disini bisa disampein ga ke Kak Azwar..!! 
 
Sekedar utk direnungkan sebelum tidur nih Kak., orang yang udah menjadi anggota Pramuka aja spt Kakak yang dari atas udah ga setuju bila seragam kita diganti. Apalagi mereka yang blum gabung.!?? Mungkin tujuan Kak Azwar dgn Tim yang adalah utk memikat hati generasi muda untuk mau menjadi anggota Pramuka. Tp klo banyak yang ga setuju dengan penggantian seragam, jangan2x anggota Pramuka sendiri yang akan hengkang dari Pramuka. 
Tuh..., pertimbangan lho Kak.! 
 
Benar kata Kakak yang beri comment sblmnya., yang perlu ditinjau itu materi & jenis kegiatan Pramuka itu. Coba lihat SKU dan SKK kita masih relevan tidak.? Soal di SKU itu dibuat tahun berapa coba.? 
 
Yukk., kita semua yang cinta Pramuka, mari kita kasi masukan buat Pimpinan kita di Kwarnas sana. Mohon admin kirimin comment kita donk ke K'Azwar.! Klo bs krm email ke beliau biar buka page ini..!! 
 
Salam Pramuka

Comment by GUEST on 2010-08-15 01:08:25
setuju seribu kali...image and citra gerakan pramuka akan lebih meningkat...

Comment by GUEST on 2010-08-15 03:43:06
Rencana Ganti Pakser ini untuk kedepan tentu sangat baik.Tapi untuk saat ini Kurang penting. 
Saya sangat setuju dengan Program Revitalisasi Ka.Azrul/Ka Kwarnas.Untuk segera membangun-Revitalisasi Gudep/Buper di Pedesaan di NKRI. 
Berbasis Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama manusia. 
Cinta Alam-Lingkungan Kehidupan Tanah Air Indonesia. 
Saya sangat yakin Revitalisasi perlu DANA. 
Perhatian MABINAS untuk Revitalisasi sangat diperlukan. 
Gudep-Buper Pramuka Cinta Tanah Air,perlu segera 
direvitalisasi. Salam Pramuka. 
 
H.Yeyet Sukayat

Comment by GUEST on 2010-08-15 13:24:45
biar coklat muda aja lah... koordinasi dari kwarnas sampai ke gudep yang selama ini terputus mata rantainya... mungkin ini hanya masalah di beberapa kwarda. or kwarcab.... tp serius ... ini berbahaya.... suport dari pemda gak ada...

Comment by GUEST on 2010-08-12 06:05:36
setuju....

Comment by arhy naga on 2010-10-02 11:38:29
revitalisasi grkan pramuka tdak hrus gnti srgam donk,tp bagamna pramuka rhus ttp\ap dinamis n d pndang pstif oleh msyarkt luas... 
waahhh....yg d ats hrus kompten donk???

Comment by Jusuf Agung on 2010-08-20 22:56:40
SANGAT SETUJU DAN SEPAKAT UNTUK GANTI PAKAIAN SERAGAM PRAMUKA!  
 
Pakaian seragam Pramuka saat ini tidak tepat untuk kegiatan di lapangan sebagaimana yang diminta oleh Baden Powell.  
 
Lihat topinya: 
Mengapa pakai baret? Padahal baret tidak melindungi wajah dan kepala dari hujan dan terpaan panas matahari.  
Mengapa tidak pakai topi pandu lagi? Lebih keren daripada baret yang militeristik, sok ke-TNI-TNI-an. Sekaranglah saatnya membuang jauh-jauh pengaruh TNI dari Pramuka.  
 
Lihat bajunya: 
Mengapa lengan pendek? Mayoritas masyarakat kita adalah muslim, dan menutup aurat. Mengapa tidak lengan panjang? Selain itu, lengan panjang melindungi tangan dari panas sinar matahari.  
 
Lihat celananya: 
Mengapa lengan pendek untuk Siaga dan Penggalang? Mengapa tidak celana 3/4 hingga setengah betis saja? Masih menutup aurat dan lebih nyaman dipakai berkegiatan di hutan.  
 
Lihat setangan lehernya: 
Mengapa tidak di luar kerah seperti Pandu lainnya? Tinggal pasang dan tidak perlu susah-susah memasukkan ke dalam kerah yang justru membuat bagian leher terasa panas. Belum lagi warna setangan leher. Bukankah bendera kita Merah-Putih? Dan bukan Putih-Merah? 
 
Kalau warnanya, bolehlah masih coklat muda-coklat tua.

Comment by on 2010-11-08 15:12:38
pembaharuan itu perlu... 
tapi kalo seragam jangan dahhhhh... 
modelnya boleh 2 ajah,,, 
tapi klo warnanya jangan dech... 
pramuka kita sudah terkenal sama warna coklat tua...

Comment by GUEST on 2010-08-16 13:56:40
sepakat! nggak perlu ganti.....seragam itu identitas yang bernilai sejarah yang panjang...........kwarnas kayak nggak ada kerjaan yang lebih mendesak aja! semoga seragam pramuka jg diganti............

Comment by GUEST on 2010-08-16 14:34:43
Menrt sY g'usah krN Qt sdh idENtik dgn c0kLt?? 
Tp yg sy alami yg jakarta raya'y kt'y wrn merah'y ad 6 Tp smpai skrg ni blum trlaksana dan jarang ada?

Comment by on 2010-09-01 10:52:01
seragamnya tidak usah diganti kak! karena sudah terpatri dalam hati dan kalau bisa seragam coklat muda dan tua tidak usah menjadi seragam sekolah, kecuali sekolah yang aktif kegiatan pramukanya atau Gugus Depannya aktif, sehingga seragan Pramukanya tidak disalah gunaka, terima kasih  
Salam Pramuka

Comment by on 2010-10-30 10:27:31
saya gk stuju seragam pramuka di ganti, jngan mudah terpengaruh seragam negara lain deh...kita kn hrs punya identitas sndr jd seragam yg skr saya rs merupakan identitas kita n sudah bgs kok.....sya setuju dgn koment2 teman2 di ats kita pertahankan seragam yg sdh ada....

Comment by Tole on 2010-08-26 16:26:45
Coklat muda... coklat tua... eeee Pramuka..... 
 
Lagu ini sudah menjadi lagu pramuka yg tak terlupakan krn warna itu sudah menjadi identik dgn pramuka. 
Sudah mau hampir setengah abad tidak ada yg mengeluhkan ttg seragam ini.  
 
Kalau mungkin model/bentuknya yg dirubah sesuai dgn acara dan kegiatan serta kesatuannya....

Comment by on 2010-09-29 06:49:54
Seragam Pramuka diciptakan sesuai dengan cita-cita luhur grekan kepramukaan, Coklat Muda/Tua udah menjadi Brand Pramuka. Kalau diganti seolah mengganti sejarah panjang Pramuka. Lagi pula banyak kakak-2 yg masih menyimpan baju kenangan dari siaga hingga pandega. 
Metode dan mekanisme pendidikan/pelatihan Kepramukaan terbukti terbaik di sistem pendidikan manapun dan apapun. KAlaupun kurang populer, ini hanya masalah teknis. 
"DISANALAH AKU BERDIRI JADI PANDU IBUKU"

Comment by on 2010-10-01 13:56:54
semua setuju diganti, kecuali prinsip-prinsip dasar kepramukaan jangan diganti mis : Sistem Beregu, Sistem Among, permainan pramuka dan lagu-lagu pramuka. Kalau SKU ditambah materi dgn yang lebih modern (entrepreneuship nya juga ada). Apa tepuk pramuka juga akan diganti ?

Comment by on 2010-10-28 18:33:39
seragam yg asli bagi para pramuka indonesia,, 
biarlah ttp mnjdi sragam kita bgi anak prmuka.... 
walaupun ada inisiatif untuk merubah baju pramuka,,, 
biarlah itu di jadikan baju seragam untuk persatuan masing-masing daerah ,,,, 
karena warna colat tua sudah melekat pada jiwa kt anak pramuka ,,,!!

Comment by on 2010-09-26 21:53:39
seragam pramuka kita, kalau kita lihat pada even-even internasional jauh lebih mencolok ketimbang negara yang lain dan pembeda juga, cz pramuka indonesia berangkat dari hati nurani rakyat yang ingin membela negaranya, saya kira seragam gak perlu kita ganti, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mendidik anak indonesia menuju karakter yang berwibawa dan bersahaja serta menerapkan satya dan dharma pramuka dalam sehari-hari, karna kita lihat sekarang, kegiatan kemah ditingkat pangkalan, Kwarran, malah penerapan memasak diperkemahan ini malah sudah g ada, paling ada cuma satu dua, diganti dengann nasi bungkus, dan anak jaman sekarang disuruh masak, susahnya minta ampun, nah inilah yang harus kita benahi lagi, kwalitasnya, bukan seragamnya yang diganti, karna anak jaman sekarang tidak tertarik lagi dengan pramuka ya kartna itu, kurang kreatifnya kita sebagai insan pramuka dalam membina generasi kita.

Comment by Anonymous on 2010-09-06 10:07:17
seragam gak perlu ganti....apalgi ganti warna... 
hanya saja, masukan untuk seragam penggalang putri bagian roknya...modelnya mbok yang simpel...model rok sesuai PP terbaru ribet jahitnya....

Comment by on 2010-09-06 13:11:07
JIKA SERAGAM PRAMUKA DIGANTI, MAKA PRAMUKA INDONESIA BENER BENER TIDAK MENGHARGAI SEJARAH DAN PAHLAWANNYA. 
INGAT KAWAN, SERAGAM PRAJA MUDA KARANA KITA SAAT INI PENUH ARTI DAN MAKNA YANG TERKANDUNG DI DALAMANYA. JANGAN TERPANCING ARUS GLOBALISASI DAN GOMBALISASI PARA JAUM YANG IRI DAN TIDAK SUKA KEPADA GERAKAN PRAMUKA.

Comment by on 2010-09-12 21:44:16
saya sangat setuju jika tidak mengganti seragam.. 
boleh curhat yah... 
saya anak raha, tergabung dalam satuan karya keluarga berencana, mulai tahun ini, di raha khususnya di kota sekolah-sekolah tidak lagi menggunakan seragam pramuka setiap hari sabtu. saya dan teman-teman bingung mau mengadu dimana..soalnya pengrekrukratan anggota menjadi sulit.sebab bagaimana mau merekrut anggota, pakaian pramuka saja mereka tidak diberlakukan lagi di sekolah.. 
malah peringatan HUT pramuka tidak diperingati lagi. 
jadi jangan dulu berpikir bagaimana pakaian pramuka itu di poles, tp apakah siswa masih boleh mengenakan seragam pramuka... 
 
 
salam...

Comment by espe on 2010-09-13 14:06:30
hmmm...... 
dirasa sangat tidak perlu, lebih baik sosialisasi seragam pramukanya aja yg mesti dilakukan hingga ke level akar rumput. jgn sampe ada yang pake seragam pramuka warna-warni. dan kalo bisa melakukan penertiban pakaian seragam pramuka, sebab di tingkat sekolah pakaian pramuka kelihatan menjadi tidak bermakna, lagipula miris melihat pakaian kebanggaan kita digunakan oleh orang yg tidak paham tata cara menggunakan seragam dan dengan seenaknya memasang atribut2 non gerakan pramuka yang tidak jelas. trims "Tetap Memandu"

Comment by on 2010-10-29 17:25:48
kalo bisa warnanya tetep.............


ban_gp.gif
fox.jpg
LAYANAN CHATTING