• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Karang Pembina arrow Lagi, Masih Tentang Seragam Pramuka
Lagi, Masih Tentang Seragam Pramuka PDF Print E-mail

Tinjauan Seragam Pramuka Andalan Putri :

Ada sesuatu yang perlu segera diluruskan tentang contoh seragam Andalan Putri, dengan SK Kwarnas Nomor : 226 Tahun 2007 tentang seragam Pramuka.

Pasal dalam Surat Keputusan yang mengatur tentang seragam pramuka bagi bagi andalan putri berbeda dengan contoh gambar yang ditampilkan, khususnya pada bagian rok/ bawahan.

Kutipan dalam SK Kwarnas :

……………………………………...............................

3) Rok/bawahan andalan dan anggota majelis pembimbing:

a) dibuat dari bahan warna coklat tua

b) model rok lurus/span

c) memakai lipatan di belakang (plotte plooi)

d) memakai retsleting berwarna coklat tua yang dipasang di belakang

e) panjang rok/bawahan 5 cm di bawah lutut.

………………………………………dst

Simplenya, rok/ bawahan Andalan dan mabi Putri tidak berbeda atau sama saja dengan rok/ bawahan yang digunakan oleh Pembina Putri.

Berikut Contoh gambar yang dikeluarkan oleh Kwarnas :

Image 

Dibawah ini jika contoh gambar di atas kita perbaiki, sesuai yang diatur dalam SK tersebut akan menjadi seperti ini :

Image 

Nah, kita tunggu saja pelurusan tentang hal ini oleh yang berwenang. Wassalam.



User Comments

Comment by GUEST on 2008-09-24 23:13:14
Salam Pramula...!!!!!!!! 
 
kak Admin, saya Ketua dewan ambalan di ambalan saya kunti yang berpangkalan di SMKN 1 Solo. 
 
yang mau saya tanyakan adalah tentang tanda jabatan, apa perbedaan tanda jabatan Pradana dan Tanda Pengurus dewan ambalan bagi saya yang seorang ketua dewan? 
 
lalu tanda mana yang harus saya gunakan tanda pengurus dewan ataukah tanda Pradana? 
 
apakah benar ketua pengurus dewan disebut juga Pradana? 
 
tinggi mana kedudukan Pradana dengan ketua Pengurus Dewan Ambalan? 
 
Trimakasih kaka admin, jawaban anda kami tunggu di email kami  
 
bagi teman2 Pramuka Penegak yang mau berbagi Bisa di add FS kami dengan alamat "
 
semoga layar yang telah terkembang takkan tergulung kembali 
jayalah sentosa Pramuka SMKN1 Surakarta 
jayalah sentosa Pramuka Penegak Indonesia 
jayalah sentosa Pramuka Indonesia 
 
Sapal Pramuka....!!

Comment by GUEST on 2008-08-07 11:53:12
jangan hanya yg di atas. kwarnas harus mampu mensosialisasi bntuk seragam yang benar kepada para penjahit........

Comment by GUEST on 2008-11-07 11:52:41
good luck

Comment by GUEST on 2008-11-07 11:54:08
tolong dilengkapi atribut m seragam pramukanya??? 
 
 
dan tolong lebih jelas dan lebih detail lagi ?????

Comment by GUEST on 2008-08-17 18:45:25
ka.. Mana keputusan tentang pakaian seragam pramuka penegak ko.. ga da saya pengen tau lhoo.. tolong yaa

Comment by GUEST on 2008-08-29 07:24:22
Masalah di bawah lutut berapa cm, fleksibel aja lah... kan lebih anggun dengan rok panjang, kalau rok pendek di pake orang tua, kesannya binal ...

Comment by GUEST on 2008-08-15 09:40:25
udah deh.............3x  
kalo boleh saran kalo kwarnas harus mensosialisasikan seragam ke semua penjahit. kasian kak, kayak kita di Banyuwangi masak kakak dari jakarta harus pulang pergi hanya masalah baju. wong mempertahankan anggota aja sulit kak 2x 
 
salam dari,  
kami saka bakti husada ranting srono

Comment by GUEST on 2008-09-20 10:11:03
waduh... kwarnas buat keputusan seragam baru sosialisasinya mentok di kwarcab, padahal kwarcab gak punya dana buat sosialisasi ke bawah. akhirnya gudep kan gak tau... terlanjur... saya baru saja tahu kalau bentuk sragam penggalang baru, padahal sudah terlanjur model lama... 
maaf ya kak... 3 tahun kedepan adik-adik masih pake sragam lama... :-)

Comment by GUEST on 2008-08-23 11:18:57
setiap kamabida dan jajarannya harus bisa menegaskan kepada penjahit pakaian agar tidak sembarang menjahit model pakaian pramuka. kan ada aturannya.. malu dong..

Comment by GUEST on 2008-08-21 13:30:08
Kak Admin, harus ada kejelasan kepada penjahit seragam Pramuka, karena banyak sekali segaram pramuka tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. 
 
Salam, 

Comment by GUEST on 2008-11-12 15:09:59
makanya pilih pengurus kwarnas jangan asalan. kalo mau jadi pelatih aja, ada jenjangnya KMD, KML, Pengembangan, KPD, KPL, dll, masa mau jadi pengurus pramuka tingkat nasional ngurusin seluruh Indonesia, gak ada jenjangnya, jadinya begini deh, ancur-ancuran, kalo perlu pengurus kwarnas masih membina di gugusdepan, jangan jadi pelarian pejabat yang sudah pensiun.

Comment by GUEST on 2009-07-08 07:18:59
iya kak...ini juga mbingungin karena ada beberapa yang dijelaskan di pp gak sama dengan gambarnya....mana yang harus diikutin???? terus kenapa kalau kita mengirimkan kontingen ke luar negeri seragam pramukanya kok jadi beda???? tapi saya cari aturannya kok nggak ada ya????? terus kenapa seragam sby selalu seragam khusus upacara ya??? khan nggak sesuai aturan...kenapa juga sby pake baret pramuka????? sepertinya kalau orang2 di nasional boleh melanggar aturan ya??????? tapi di daerah tidak boleh....

Comment by GUEST on 2009-05-27 08:51:13
SALAM PRAMUKA 
 
 
kami Anak Ambalan Soekarno-Fatmawati Gudep 13659-13660 alamat : Langkat, P.brandan.......

Comment by GUEST on 2009-06-08 17:09:53
Salam pramuka..sbnry sergm prmka bt ce yg brjlbab 2 gmn c,,jilbaby dsesuaikn ma rok atw sma bju.tlng ksh pnjlsn y..

Comment by GUEST on 2009-11-10 13:21:33
Woy gak ada seragam sk kwarnas untuk penggalang pa/pi 

Comment by GUEST on 2009-04-10 10:15:39
Salam Pramuka ...! tolong donk ditampilkan juga untuk pembina putri yang berjilbab cara pemekaian yang benar serta warna jilbab untuk pembina dan adik-adik kita tingkatan siaga, penggalang dan pandega.Terima kacih....salam untuk kakak2 d pangkalan Gudep IAIN Sby.K` ephy El Sahar

Comment by GUEST on 2010-01-09 22:13:50

Comment by GUEST on 2010-01-11 22:43:37

Comment by GUEST on 2010-02-08 20:11:57
salam pramuka.... 
 
yang terhormat kakak2 dari kwarnas, saya disini mau berrtanya tentang sesuatu hal tapi masih bersangkutan tentang pramuka. 
 
di Ambalan saya, Gathot Kaca da Srikandi SMA N 1 Dempet Demak, ada 2 pembina tapi berasal dari 2 sekolah yang berbeda. yang satu dari SMA saya sendiri namun berstatus pelatih tingkat 3, dan yang satu dari sma lain tetapi sudah menjadi andalan cabang dan berstatus sebagai pelatih tingkat 4 atau sudah mengikuti kursus pelatih profesional. mereka berdua tidak pernah satu pendapat. 
 
pertanyaanya: 
1. pembina mana yang harus saya panuti dan saya pegang?? 
2. apakah status pelatih tingkat kesekian berpengaruh dalam kepramukaan di Ambalan?? 
 
bagi yang tahu mohon dijawab secepatnya karena sangat saya butuhkan untuk menjelaskan pada adik2 saya nanti yang akan saya lantik.  
 
terima kasih 
 
salam pramuka..............

Comment by GUEST on 2010-06-08 19:54:34
g ada fariatifnya seragam pramuka yg bwt harian tah ka' . . . . .

Comment by GUEST on 2009-04-13 06:38:21
Salam pramuka. 
 
Ada yg th gk, kenapa sragam pramuka di indonesia warnanya coklat? Quw ARIFIN (COFFIN) dr ambalan GATOT KACA dr SMK n 3 SALATIGA. 
Lox krm ja ke 085640167123 
 
by:

Comment by GUEST on 2010-07-07 05:46:29

Comment by on 2011-11-13 11:04:40
Yth, Admin Pramukanet 
di 
Tempat 
 
Salam Pramuka, 
Saya mau bertanya apakah ada peraturan baru dari Kwarnas tentang penggunaan hasduk: 
1. Hanya pada saat latihan Pramuka saja 
2. Atau setiap anak memakai seragam Pramuka harus lengkap. 
 
Permasalahan kami di kota Malang ada info lisan yang mengatakan bahwa pemakaian hasduk hanya diperbolehkan pada saat latihan Pramuka saja, sedangkan pada waktu pelajaran di sekolah yang seharusnya berseragam Pramuka tidak diperkenankan memakai hasduk. 
Apakah info ini benar? Apakah ada peraturan tertulis yang resmi untuk hal ini? Demikian pertanyaan saya, trimakasih. 
 
Hormat kami, 
 
Caecilia.

Comment by achmad fauzan (email: ozora.fa on 2013-09-12 09:29:12
. kak............... sya dewan ambalan di gudep sya! sya mau nanya warna seragam pramuka yang benar itu kayak apa?? 

Comment by ahmad_kandacong.co.id on 2014-05-27 22:31:16
Salam Pramula...!!!!!!!!  
 
kak Admin, saya Ketua dewan ambalan di ambalan saya kunti yang berpangkalan di SMKN 1 Solo.  
 
yang mau saya tanyakan adalah tentang tanda jabatan, apa perbedaan tanda jabatan Pradana dan Tanda Pengurus dewan ambalan bagi saya yang seorang ketua dewan?  
 
lalu tanda mana yang harus saya gunakan tanda pengurus dewan ataukah tanda Pradana?  
 
apakah benar ketua pengurus dewan disebut juga Pradana?  
 
tinggi mana kedudukan Pradana dengan ketua Pengurus Dewan Ambalan?  
 
 
admin : adakah yg bisa bantu menjawab....trims.
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

ban_gp.gif
fox.jpg
LAYANAN CHATTING