• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tips & Trik arrow Karang Pembina arrow Regristasi Ulang Gudep
Regristasi Ulang Gudep PDF Print E-mail
Regristasi Ulang Gugus Depan
ImageBanyak hal tentang Administrasi yang perlu diketahui oleh seorang Pembina. Diantaranya tentang SistemRegristrasi ulang untuk Gudep. Pengertian umum Sistem Registrasi Gudep (Gudep) merupakan kelengkapan mutlak suatu organisasi kepramukaan. Selain sebagai kelengkapan administratif, sistem ini merupakan sarana penyediaan data dan informasi yang sangat diperlukan guna mendukung pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan.

Registrasi Gugusdepan
Setiap Gudep Gerakan Pramuka harus diregistrasi di Kwartir Cabang (Kwarcab) dan hanya akan diakui sebagai satuan Gerakan Pramuka apabila registrasi ini telah dilaksanakan.
Registrasi Gudep dilakukan setiap tahun dan sekaligus merupakan pelaporan data Gudep pada keadaan 1 Oktober tahun itu.

Tanda Registrasi
Kepada setiap Gudep yang telah menyerahkan Formulir Registrasi, diberikan Tanda Registrasi. Tanda Registrasi Gudep ditandatangani oleh Ka Kwarcab atas nama Ka Kwarnas dan berlaku dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember tahun diterbitkan.
Kepada setiap Gudep Gerakan Pramuka diberikan paigam tanda keabsahan sebagai Gugusdepan Gerakan Pramuka, yang diterbitkan oleh Kwarnas.
Piagam ini berlaku untuk 3 (tiga) tahun dan akan diperbaharui secara otomatis selama Gudep itu masih terdaftar.
Kwarcab adalah Satuan Administrasi Pangkal bagi Gudep dalam wilayahnya. Yakni menangani semua masalah administratif mengenai Registrasi Gudep.
Untuk Gudep Gerakan Pramuka yang berpangkalan di luar negeri, yang bertindak sebagai Satuan Administrasi Pangkal adalah Kwartir Nasional.

Registrasi Ulang
Setiap tahun Gudep Gerakan Pramuka harus melaksanakan registrasi ulang dan sekaligus melaporkan status jumlah anggotanya pada tanggal 1 Oktober tahun itu.
Pengiriman Pendaftaran Gudep ke Kwarcab dengan cara Gudep mengisi data Gudep status 1 Oktober tahun berjalan, rangkap 4: Lembar pertama, kedua dan ketiga dikirim ke Kwartir Cabang sebelum tanggal 15 Oktober. Lembar keempat ditahan di Gudep sebagai arsip. ( Kwarcab mengirim Form 1 dan 2  ke Kwarnas dan Kwarda )

Piagam untuk Gudep yang sudah ada
Berdasarkan laporan dan rekomendasi Kwarcab mengenai Gudep yang telah diregistrasi, Kwarnas akan menerbitkan Piagam Pengesahan bagi Gudep tersebut.  Piagam ini disampaikan kepada Gudep melalui Kwarcab. Untuk Gudep yang lama (bukan Gudep yang baru dibentuk), Piagam disampaikan langsung melalui Kwarcab dan tidak perlu ada pengukuhan atau pelantikan Gudep.
Piagam Keabsahan Gudep Gerakan Pramuka berlaku untuk 3 (tiga) tahun. Selama Gudep masih teregistrasi setiap tahunnya, Piagam akan diperbaharui secara otomatis oleh Kwarnas.

Sanksi
Apabila Gudep tidak melaksanakan registrasi ulang, kepadanya diberikan peringatan pertama, kedua dan ketiga, dan pada bulan keempat Gudep itu dibekukan untuk sementara, apabila tidak ada registrasi ulang dari Gudep tersebut.
Gudep yang tidak melakukan registrasi ulang, dianggap tidak aktif lagi dan berhenti sebagai Gudep Gerakan Pramuka dan kehilangan semua haknya. Pemberhentian Gudep ini diratifikasi oleh Musyawarah Cabang (Muscab) dan dilaporkan Ka Kwarcab kepada Kwarnas dan Kwarda.

Sumber : PP Kwarnas tentang Regristasi Gudep


 


User Comments

Comment by GUEST on 2007-10-07 20:08:32
Kwarcab dan kwarda tidak konsisten dengan peraturan yang ada. Informasi tidakpernah sampai ketingkat gugus depan. Sebagai contoh tentang pembayaran iuran pramuka via kantorpos , mana tindak lanjutnya ?? 
Dan pembuatan KTA bagi yg sudah membayar iuran,sampai saat ini ?????? ke laut aja.

Comment by GUEST on 2007-10-27 13:20:59
Setuju bro...... maunya semuanya serba terpusat. tidak sesuai dengan semangat dan menyesuaikan UU Pokok pokok pemerintahan daerah.  
 
BB - Sb

Comment by on 2013-01-29 11:45:55
mau tanya gimana si cara membuat nomor gudep buat sekolah baru

Comment by on 2013-02-10 19:33:55
sekolah kami belum terdaftar dan uda setahun selalu mengajukan tapi belum ada tangapan..

Comment by on 2013-10-23 06:53:37

Comment by on 2014-01-15 09:12:32
beberapa bulan lalu pernah disuruh registrasi dengan sms ke nmr 085287867427 terlebih dahulu, tapi tdk pernah nyambung 

Comment by on 2014-02-07 15:25:25
kka kka kami mau daftar tapi kami tidak tau cara mendaftar kan dan mendapat kan no gudep kalo boleh kaka dan ketua nya boleh kasih tau gk cara daftarnya  
ini ka email facebook saya dan twiter saya  
twitter @jimmyalatan 
facebook  
 
dan ini nomor telefon nya kaka 083820297020 
085220860798

Comment by on 2014-04-17 11:11:09
kakak kmi mau mengajukan no gugus depan sekolahan kmi yg bertempat di banyuwangi kecamatan purwoharjo di desa karetan 
 
mohon bantuanya untuk meregestrasi no sekolahan kami 
 
nama lembaga smp islam alatiq karetan
Your Name / Email Address
Security Check. Please enter this code Listen to code

fox.jpg
LAYANAN CHATTING