• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tekpram arrow Karang Pembina arrow KTA Pramuka (Sampling)
KTA Pramuka (Sampling) PDF Print E-mail
Article Index
KTA Pramuka (Sampling)
Page 2

Satu bukti bahwa seseorang adalah anggota Pramuka  yakni harus dapat menunjukkan KTA ( Kartu Tanda Anggota ) Pramuka yang dimilikinya. KTA merupakan bagian kelengkapan yang harus dimiliki setiap anggota Pramuka. KTA adalah bentuk pengakuan kepada seseorang bahwa yang bersangkutan aktif sebagai anggota Pramuka.
Pada perjalanan perkembangan tentang KTA Pramuka, adalah Kwartir Cabang sebagai lembaga pelaksana yang pertama kali diserahi tanggung jawab penyelenggara dan pengadaan KTA Pramuka. Pada perkembangan selanjutnya nampaknya penyelenggaraan KTA mengalami pasang surut dan kurang menggembirakan. Selain belum ditangani secara professional, juga SDM maupun tehnologi di masing masing daerah berbeda.

Saat inipun Dimungkinkan masih terdapat perbedaan baik format maupun bentuk KTA Pramuka di masing masing  antar wilayah Kwartir Daerah. Berikut ini beberapa contoh model/ bentuk Pengadaan KTA di satu Kwartir Daerah yang tetap mengambil kebijakan pengelolaan KTA dilaksanakan oleh Kwartir Cabang dengan tehnologi komputerisasi terpadu. Sehingga KTA di dalam satu wilayah Kwartir Daerah tersebut baik format, bentuk maupun tehnik pengumpulan data base akan tetap sama, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

KTA untuk Pembina
Image 
 
KTA untuk Pandega
Image 
 
KTA untuk Penegak
Image  
 
KTA untuk Penggalang
Image 
 
 KTA untuk Siaga.
Image 
 
Bagian Belakang KTA 
Image 
 
KTA tersebut memiliki ukuran maupun ketebalan sejenis sama dengan ID card atau Kartu SIM ( 5,5 X 8 Cm ? ) sedangkan bahannya disesuaikan dengan kemampuan Kwartir Cabang masing masing.
Menurut pengamatan penulis, nampaknya Kwartir Daerah tersebut seolah  ikut ambil bagian dalam mengeluarkan KTA, hal ini ditunjukan dimana Ketua Kwarda ikut menandatangani KTA.. Namun demikian semata untuk menyelaraskan kebijakan dan dalam upaya pengumpulan data basis keanggotaan Gerakan Pramuka di wilayah Kwarda yang bersangkutan. (  dan tidak ambil bagian dalam urusan fee ).
Dalam pengelolaan KTA Pramuka Kwartir Cabang dapat bekerjasama dengan  pihak ketiga atau membentuk Unit tersendiri.

KTA Pramuka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sosok bukti diri sebagai seorang anggota pramuka. Disetiap event kegiatan Pramuka, KTA merupakan persyaratan yang harus dilampirkan disaat mendaftar dan mengikuti kegiatan tersebut.
Saat ini Paradigmapun perlu berubah. Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan  Kwartir Nasional tetap memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya. Karenanya KTA merupakan kewajiban dan kebutuhan yang mendasar yang harus dimiliki oleh setiap anggota Pramuka. Ataukah akan jadi lembaga tertinggal dan ditinggal para anggotanya karena pelayanan yang kurang memuaskan ?



Penulis : G. Surendro
Pembina Gugus Depan dan Andalan Ranting.

Sumber  sbg dasar/ referensi ::

1. PP. Kwarnas no : 048 tahun 2003 bahwa Fungsi Tehnis Kwatrir Cabang adalah Menyelenggarakan registrasi Gudep, registrasi pembina dan pelatih pembina, administrasi, pengeluaran sertifikat THB dan SHL, jabatan kehormatan, kartu tanda anggota (KTA), tanda penghargaan, dsb.

2. PP Kwarnas No. 231 tahun 2007 bahwa :

a) Para pramuka menerima Tanda Anggota Gerakan Pramuka setelah pelantikan.

b) Para Pembina Pramuka, para anggota Mabigus menerima Tanda Anggota Gerakan Pramuka dari Kwarcab atas usulan gudep.

 


Ada yang ingin berikan tanggapan ? 

 

 


User Comments

Comment by GUEST on 2007-09-14 23:13:04
pramuka memang wajib punya KTA, terus gimana cara memilikinya ? Trims.

Comment by GUEST on 2007-09-14 23:14:15
ya daftar di masing masing kwarcabnya tho bos.... he he..he...., canda nih.......

Comment by GUEST on 2007-11-07 13:32:08
kaya'nya udah gak musim lagi dech dibeda2in warna seperti itu. Apakah tidak lebih bijak dan hemat bila KTA Pramuka itu seluruhnya seragam bentuk dan warnanya (kecuali pada kolom golongan). Seperti halnya KTP, semua orang jadi hapal kalau itu KTP karena secara nasional warna dan bentuknya sama. 
Ada yang pernah lihat KTA Pramuka Gudep Taman Mini? melenceng jauh bila kita mau tarik dari ketentuan per-KTA-an Gerakan Pramuka. Semoga menjadi periksa. [Yeni]

Comment by GUEST on 2007-11-09 12:59:20
Salam Pramuka. 
KTA adalah bukti otentik dan legal bagi seseorang sebagai anggota suatu organisasi, apalagi Gerakan Pramuka yang berbadan hukum, jangan sampai terjadi penyalahgunaan KTA misalnya yang bukan pramuka punya KTA Pramuka. Untuk itu menurut hemat saya sistem, mekanisme, wewenang dan ketentuan penerbitan KTA Pramuka harus dipertegas. Kwarnas sebagai penentu kebijakan agar segera menerbitkan PP tentang KTA agar tidak simpang siur.Untuk info, saat ini bahkan mungkin sejak dulu Gudep pun menerbitkan KTA, penomoran dan pemakaiannya sembarangan. Tolong donk ah, jangan dibiarkan masalah ini berlarut -larut. " KALAU MAU PASTI BISA " ( surya-jembrana-bali ).

Comment by GUEST on 2007-11-20 00:23:02
Eh... yang di pusat ikut dengerin aspirasi kita nggak ya....? ( Yoyo ) 

Comment by GUEST on 2007-12-14 15:42:46
Kak Surya, kakak pasti sudah lama gabung di Gerakan Pramuka, masa nggak tahu tentang masalah KTA sih? setahu saya, selama ini KTA itu memang dikeluarkan oleh Gudep. kenapa dikeluarkan oleh gudep? karena pada KTA itu terdapat identitas yang hanya dimiliki dan diketahui oleh pihak gugusdepan, dan tidak oleh gudep lain. berdasarkan surat edaran dari Kwarnas pada tahun 2005 lalu tentang sistem penomoran KTA, ada 15 digit nomor KTA, dengan rincian sebagai berikut; 
xx=nomor kwarda 
xx=nomor kwarcab 
xx=nomor kwaran 
xxx=nomor gudep 
xxxxxx=nomor anggota 
 
nah, nomor gudep dan nomor anggota itulah identitas yang hanya diketahui oleh gudep. kebetulan kakak dari kwarcab jembrana dan kwarda Bali, satu hal yang saya ingin kritisi (dan kalau boleh), pada tahun 2006 lalu (saat Jamnas 2006 di Jatinangor), pramuka penggalang yang berasal dari kwarda Bali diberikan KTA oleh cabang. Misalnya, 220100025 itu kan nomor yang dikeluarkan oleh kwartir cabang. sedangkan setahu saya yang boleh memiliki KTA yang dikeluarkan oleh kwartir adalah pramuka dewasa, karena pramuka dewasa dihimpun oleh kwartirnya, bukan lagi oleh gudep yang dulu menaunginya waktu ia masih menjadi pramuka penegak atau pandega. 
 
demikian tanggapan dari saya, kalau ada salah kata mohon maaf.

Comment by GUEST on 2008-05-19 23:15:31
Kak saya angggota pramuka dari indramayu. saya & teman2 ingin mendirikan Dewan Racana. Namun Lembaga Universitasnya Belum Bersetatus Diakui. bagana Hukumnya Bila Unversitas tersebut tetap men - mendirikan Dewan Racana. dan saya ingin memiliki kartu Anggota tetapi dari Kwartir Cabang Gerakan Paramuka Indramayu Tidak Mengeluarkannya kartu anggota tersebut. kami harap hari ka.Kwarnas Gerakan Pramuka Untuk mengintruksikannya ke Kwartir2 yang belum mengeluarkan Kartu anggota Pramuka. Mohon Ditindak lanjuti.

Comment by GUEST on 2008-02-25 22:21:52
kta sebaiknya dikeluarkan oleh kwarcab karena untuk mengetahui jumlah anggota gerakan pramuka yang benar-benar valid dengan cara setiap gugusdepan mengajukan permohonan kta ke Kwarcab dan kwarcab akan mengeluarkan kta dengan no urut yang benar-benar terdata dan masa lakunya 3 tahun sesuai dengan masa bakti kwartir. dan untuk warna cukup satu warna atau sparasi warna antara coklat tua dan coklat muda akan lebih menarik dan kelihatan pramukanya. karna selama ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa data anggota pramuka tiap-kwarcab tidak begitu valid karena regestrasi yang setiap bulan oktober harusnya disampaikan tetapi banyak yang tidak disampaikan nah salah satu untuk mengetahui jumlah anggota tiap kwarcab itulah pengeluaran kta di pusatkan di kwarcab seperti halnya thb dan thl. 
mohon maaf bila saran ini menyalahi aturan yang ada ini adalah semata-mata untuk saran dan perbaikan 
 
bay kak dono musirawas

Comment by GUEST on 2008-03-10 16:23:32
salam pramuka, 
saya dah coba mo bikin kta tapi sepertinya malah sulit sekali atau jangan2 kwarcab males nangani masalah kaya gini????? 
saya harap punya kta, soalnya itu salah satu bukti bahwa kita memang bener2 asli anak PRAMUKA. betul ga?????

Comment by GUEST on 2008-04-28 09:03:50
Sebenarnya nggak sulit asal yang bertanggung jawab untuk mengurusi hal ini benar benar menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Sama halnya yang terjadi di Kwarcab Medan (SUMUT) KTA mudah diperoleh namun yang kita dapatkan bukan seperti yang tertera di atas, ketika di minta konfirmasi, mereka berargumen bahwasannya KTA seperti yang di atas baru keluar di tingkat Nasional, jadi Daerah belum ada alatnya, sebenarnya kalau di kaji ulang, mengapa untuk KTP aja kita sudah bisa menerima sesuai dengan model nasional, padahal jika diperhatikan dari segi alatnya 90% pasti sama..., mudah mudahan Kwartir nasional jeli melihat hal ini demi kemajuan bersama.... 
 
Salam

Comment by GUEST on 2008-07-10 14:18:32
kak, gimana caranya dapetin KTA? 
aku di kwarcab Cianjur 
mail aku 
 
**************************************************** 
Admin : 
Silahkan anda Hubungi ke Kwartir Cabang Cianjur. 
terima kasih.

Comment by GUEST on 2008-09-18 16:15:44
salam pramuka, 
gmn kbr kak gun. 
ini setio ari (purna dkd jateng). 
saya punya usul ni gmn kalau bikin sistem online KTA pramuka, jd anggota dapat mendaftar dulu via internet kemudian no KTA didapat dan pemesanan di Kwarcab. jadi data base anggota dan jumlah order KTA dapat dipertanggungjawabkan. mulailah pramuka transparan dalam pengelolaan administrasi dan pengelolaan kegiatan.  
tetap memandu. met puasa. 
 
 
************************************************ 
Saran yang bagus, tapi modalnya tidak kecil, Suatu saat akan kita bahas, bukan sekedar wacana saja.  

Comment by GUEST on 2008-11-13 18:50:33
Nah enak bgt ya yang udah punya KTA. Tapi ko di Kwartir Ranting Ciputat ko' telat yah..

Comment by GUEST on 2008-12-14 12:43:39
saya dari kwartir ranting kuta selatan. kenapa ya KTA tidak di buatkan untuk semua orang yg ikt pramuka dgn cara masing" gudep memberikan informasi mengenai jumlah anggota yg ada di masing" gudep kpd kwarcab.lalu kwarcab membuatkan KTAnya.kan lebih gampang. 
 
dan setahu saya yg mempunyai KTA hanya mantan jamnas atau rainas aj.

Comment by GUEST on 2008-11-11 15:30:51
kak mudah"an ide dri ka setio ni bisa di laksanakan bukan untuk di bahas saja, dan klo sudah tolong kasih tau ma Q-tha" klo dah da da keputusannya.. 
Ok trims.. 
Samal Pramuka.. 
 
ni e'mail sya..  

Comment by GUEST on 2008-12-11 14:20:59
kok knapa sih kalo bikin kTA suka di persulit sama kwarrannya, kami udah coba hubungi ka kwarrannya tapi selalu ga ada, gimana dong padahal kami butuh KTA nya!

Comment by GUEST on 2009-09-02 23:02:19
Salam Pramuka... 
CV.SEMESTA MULTIMEDIA mengajak kerjasama pembuatan KTA Pramuka bahan PVC berbasis barcode beserta Sistem Aplikasi Database dan Pencetakan Kartu sehingga memiliki keunggulan tersendiri...murah...!!! Untuk lebih jelas hubungi kami HP.081227442476

Comment by GUEST on 2009-01-19 10:46:28
Salam pramuka, 
kakak-kakak dewan penegak Gudep Negara 293 - 294. sangat salut ama kerja keras n kekompakan kakak, saya ingin kakak menjaga kekompakan kita n kalau perlu kita juga tingkatkan kerja keras kita demi terciptanya pramuka kita yang menjunjung tinggi dasa dan darma.

Comment by GUEST on 2009-01-19 10:52:03
sory ya gue lg gak mood bwt komntr. saya cuma mw kasih semangat za buat kakak - kakak yang berpangkalan di Gudep Negara 293 - 294. 
saya salut bangt ma kerja sama n kekompakanya, trs semgat ya kak......... 
Aku suka banget deh ma kinerja Kakak!

Comment by GUEST on 2009-03-13 15:40:46
Saya dari Mitra Kwarda Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kami dapat mengerjakan KTA Pramuka seperti yang dilampirkan di atas. Itu adalah pekerjaan dari kami yaitu CV. DHYAN NUSANTARA. Bagi kakak - kakak Kwarcab yang mungkin di wilayahnya belum dibuat KTA Pramuka dapat menghubungi kami di (0274) 517426 atau lewat email di Kami dapat memberikan keterangan sejelas - jelasnya. Terima kasih. 
 
Aditya Rahadhyan

Comment by GUEST on 2009-03-13 15:40:52
Saya dari Mitra Kwarda Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kami dapat mengerjakan KTA Pramuka seperti yang dilampirkan di atas. Itu adalah pekerjaan dari kami yaitu CV. DHYAN NUSANTARA. Bagi kakak - kakak Kwarcab yang mungkin di wilayahnya belum dibuat KTA Pramuka dapat menghubungi kami di (0274) 517426 atau lewat email di Kami dapat memberikan keterangan sejelas - jelasnya. Terima kasih. 
 
Aditya Rahadhyan

Comment by GUEST on 2009-07-20 10:49:45
salam pramuka 
mohon prosedur dan cara pembuatan nomor kta kak! 
terima kasih 
salam pramuka

Comment by GUEST on 2009-09-26 00:27:13
Salam Pramuka...  
CV.SEMESTA MULTIMEDIA mengajak kerjasama pembuatan KTA Pramuka bahan PVC berbasis barcode beserta Sistem Aplikasi Database dan Pencetakan Kartu sehingga memiliki keunggulan tersendiri...murah...lain daripada yg lain!!! Untuk lebih jelas hubungi kami HP.081227442476 email :

Comment by GUEST on 2010-02-04 20:14:39
saam pramuka 
 
mhn anggta pramka dsmk 1 geneng,ngawi jatim jgn trIaIu banyak pungIi,kan merugikan pdahaI pembinaanya krang bagus 
 
terima kasih 

Comment by GUEST on 2010-05-12 12:53:23
kak... 
kalau dasar hukum pembuatan KTAP itu dari keputusan kwarnas no berapa yah?????? 
tolng di kirimin kak atw di upload ke sini... 
thanks..

Comment by GUEST on 2010-07-07 12:43:26
layak ga' gudep di suatu kwartir ranting membuat KTA pramuka Sendiri, padahal yang diberikan wewenang adalah kwartir cabang . bagaimana tolong donk kalo bisa ada jawabannya?

Comment by GUEST on 2010-08-01 17:57:20
Hmmm bagust

Comment by GUEST on 2010-08-01 17:58:00
hmmm bagust

Comment by on 2010-11-08 12:57:49
Salam pramuka.  
kepada kwartir cabang di seluruh Indonesia. 
Kami siap untuk menjadi pihak KETIGA dalam menerbitkan KTA untuk semua anggota pramuka di wilayah masing2. Dengan harga yang terjangkau, kualitas prima tetap diutamakan. 
 
aku tunggu job di =

Comment by GUEST on 2010-08-16 21:29:56
Kak, 
Sbnrnya ada PP nya enggak tho ato aturan yg baku? 
Klo yg sudah saya kelola tu warna semua golongan sama, cuma yg beda pada kolom golongan.


fox.jpg
LAYANAN CHATTING