• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Info dan kabar terbaru

LOMBA TINGKAT 5

REGU PRAMUKA PENGGALANG

SIAP DIGELAR

 

Jakarta (16/5), Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional tahun 2007 disingkat LT-V-2007 siap digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur tanggal 24 – 30 Juni 2007. Kegiatan yang menghadirkan regu-regu pemenang pada kegiatan LT-IV yang diselenggarakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka ini mengangkat tema “Kuwujudkan Adi Cita Bangsa dengan Berprestasi Menggalang Kemandirian, Kepedulian, Tanggungjawab dan Komitmen”.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. DR. H. Azrul Azwar, MPH dalam rapat pleno Panitia LT-V-2007 tanggal 14 Juni 2007 mengatakan bahwa, Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional merupakan salah satu sarana meningkatkan prestasi serta sebagai evaluasi kualitas hasil pembinaan anggota Gerakan Pramuka golongan Penggalang.

Berlomba merupakan sifat anak, remaja dan kaum muda dalam kegiatannya sehari-sahri. Kegiatan yang bersifat lomba merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka, tegas Kak Azrul.

Berlomba dalam Gerakan Pramuka bukan untuk menang tetapi untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, social, intelektual dan fisik. Oleh karena itu ujar Kak Azrul, LT-V-2007 tidak hanya merupakan upaya meningkatkan kualitas Pramuka Penggalang tetapi juga untuk mengevaluasi implementasi Renstra yang berkaitan dengan kualitas kegiatan peserta didik yang dilaksanakan di gudep dan kwartir.

Sementara itu, Penanggungjawab dan Ketua Panitia Penyelenggara LT-V-2007, Drs. Endy R. Atmasulistya mengatakan, LT-V-2007 yang bertujuan untuk mendidik Pramuka menjadi warga Negara yang mandiri, peduli, bertanggungjawab dan berkomitmen ini akan diikuti 660 orang peserta atau 33 regu Pramuka Penggalang Putera dan 33 regu Pramuka Penggalang Puteri dari seluruh Indonesia.

Materi yang dilombakan selama 6 hari, ujar Kak Endy terdiri dari 40 mata kegiatan, di antaranya adalah formasi berbaris, haling rintang, peta topografi, kompas, peta pita, peta panorama, tali temali, P3K, hasta karya, yel Pramuka, survival, pidato bela Negara, sandi, perkemahan, pentas seni, melukis, senam Pramuka dan lain sebagainya. Sedangkan materi pelengkap adalah wisata karya, api unggun dan semuanya ini, ujar Kak Endy pada dasarnya merupakan suatu keutuhan yang saling terkait, karena itu dalam pelaksanaannya akan terjadi suatu pembauran kegiatan.

Dalam LT-V-2007 terdapat pula kegiatan yang bernama “Permainan Persaudaraan”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai-nilai persatuan dak kesatuan bangsa sejak dini kepada para peserta LT-V-2007.
Filter     Order     Display # 
Item Title Hits
Presiden Melantik Pengurus Kwarnas 1152
SBY buka Jambore Santri Nusantara 2589
SBY: Saya Tidak Ingin Gerakan Pramuka.... 1790
 
<< Start < Previous 1 Next > End >>
Results 1 - 3 of 3
Pancasila Pramuka
Sort Message of Scout (SMS)
slide_kwarda.gif
Media Top Net
mass.jpg
LAYANAN CHATTING