• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tekpram
Blog - Content Section Layout
Download Dari 4Shared Tanpa Login & Waiting

 Image

Dulu sanggatlah mudah bagi kita untuk mendownload file dari situs 4shared, karena kita dapat mendownload seluruh file yang tersimpan di 4shared tanpa perlu login atau menjadi member 4shared. Namun kini 4shared mewajibkan bagi para downloader yang ingin mendownload file di 4shared untuk memjadi member-nya dan login setiap kali ingin memulai mendownload. Bagi para downloader yang punya akun 4shared sih tidak terlalu kerepotan, tapi lain ceritanya apabila sang downloader tidak terdaftar sebagai member 4shared. Ada yang langsung mendaftar menjadi member 4shared, tapi tak sedikit juga yang malas untuk mendaftar sebagai member baru 4shared.

Banyak juga sobat yang mengeluh tidak dapat mendownload software, mp3, ebook yang saya share di blog ini dan blog saya yang lain dikarenakan mereka tidak mempunyai akun di 4shared, sedangkan kebanyakan file-file yang saya share saya upload di hosting 4shared. Nah, bagi sobat yang kesulitan untuk mendownload file di 4shared, sobat bisa menggunkan situs 4shared download link generator. Dengan menggunakan situs 4shared link generator, sobat tidak perlu login dan menunggu waktu jeda untuk mendownload file yang tersimpan di 4shared. Banyak situs 4shared download link generator, tapi yang saya rekomendasikan adalah situs www.4server.info.

Caranya :

1.    Buka www.4server.info.

2.    Klik dulu link yang akan kamu download.

Kemudian copy browser dan pastekan pada kolom (generate link) di 4server.

Image 

Sumber : http://mampirbro.blogspot.com/2012/06/download-dari-4shared-tanpa-login.html#ixzz2GlcG5mh2

Aneka Ringtone dan Ringtone Pramuka

Mengawali di tahun 2013, pramukanet bikin ringtone yang dibuat dari beberapa lagu pramuka maupun copas ringtone lainnya. Semoga bermanfaat.

ANEKA RINGTONE DAN RINGTONE PRAMUKA

JUDUL RINGTONE

FORMAT

KLIK DISINI

Bell Stasiun

MP3

DOWNLOAD

Bell Lemot

MP3

DOWNLOAD

Suara Kereta Lewat

MP3

DOWNLOAD

Alarm Nuklir

MP3

DOWNLOAD

Tembakan AK47

MP3

DOWNLOAD

Musik amoy

MP3

DOWNLOAD

Musik natural

MP3

DOWNLOAD

Musik relax

MP3

DOWNLOAD

Musik Jazz

MP3

DOWNLOAD

Hymne Pramuka

Wav

DOWNLOAD

Intro Jayalah Pramuka

MP3

DOWNLOAD

Bagimu Negeri

MP3

DOWNLOAD

Intro KB

Wav

DOWNLOAD

Intro Satya Pramuka

MP3

DOWNLOAD

Intro PKK

MP3

DOWNLOAD

Hey Yohaleiyo

MP3

DOWNLOAD

Salam Pramuka (Voice man)

Wav

       DOWNLOAD
Salam Pramuka (Suara Cewek)

 Wav

       DOWNLOAD
Salam Pramuka2x(suara cewek)

 Wav

         DOWNLOAD
Salam Pramuka chipmunk

Wav

       DOWNLOAD
 Kaca Pecah

MP3

  DOWNLOAD

 

Papan Nama Kwartir dan Gugus Depan (new)
Papan Nama Pramuka Kwartir, Gugusdepan dan Ukuran
 
 
Papan Nama untuk Kwartir Nasional
Image
 
 
 Papan Nama untuk Kwarda, Kwarcab dan Kwarran
 
Image 
 
Image 
 
Image 
 
 
 Papan Nama Gugusdepan
Image 
 

Papan Nama Gugusdepan

Gudep membuat dan memasang papan nama masing-masing dengan ketentuan sebagai berikut:

a) Papan nama berbentuk segi empat panjang, dengan bahan kayu, seng atau bahan lain.

b) Ukuran papan nama diatur sebagai berikut :

     Kwartir Nasional : 500 cm x 166 cm.

      Kwartir Daerah    : 390 cm x 120 cm

      Kwartir Cabang   : 330 cm x 100 cm

      Kwartir Ranting    : 200 cm x 80 cm

      Gugusdepan         :200 cm x 60 cm

c) Besarnya gambar dan huruf disesuaikan dengan ukuran papan nama .

d) Warna papan nama:

Bidang lambang Tunas Kelapa :

a. Warna dasar :

    Kwartir Nasional : Kuning

      Kwartir Daerah    : Merah

      Kwartir Cabang   : Hijau

      Kwartir Ranting    : Merah Muda

      Gugusdepan         :Hijau Muda

b. warna lambang Tunas Kelapa : hitam

Bidang lambang Wosm :

a. Warna dasar :Ungu.

b. Warna lambang WOSM :Putih

Bidang huruf

a. Warna dasar : Coklat muda

b. Warna huruf : Hitam

 
( Sumber : Sismintir  No. 162 A th. 2011)
 
 
 
Liga Pemuda Pramuka

Terinspirasi organisasi kepemudaan komunis di Uni Soviet dan China, Sukarno bubarkan semua organisasi kepanduan, dan bikin Pramuka.

 

ImagePeringatan atau penghapusan hari bersejarah memang menjadi kebijakan politis suatu rezim. Pada zaman Orde Baru, semua yang berbau komunis diberangus. Sebut saja, Hari Buruh 1 Mei dan Hari Tani 24 September untuk memperingati lahirnya UU No 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria atau Undang-Undang Pembaruan Agraria (UUPA) pada 24 September 1960. Hari Buruh dilarang sejak 1967 dan Hari Tani diganti menjadi Hari Ulang Tahun UUPA; karena gerakan buruh dan reforma agraria dianggap bermuatan komunis. Namun, ada peringatan yang latar belakang sejarahnya “beraroma komunis” tapi tetap diperingati pada masa Orde Baru dan berlangsung sampai sekarang, yaitu Hari Pramuka 14 Agustus.

“Terpengaruh oleh Komsomol di Uni Soviet dan organisasi pemuda komunis di RRT (Republik Rakyat Tiongkok) yang menyambut kedatangannya ketika berkunjung ke kedua negara tersebut, Presiden Sukarno pada 9 Maret 1961 membubarkan semua organisasi kepanduan. Terutama yang dianggapnya kebarat-baratan dan tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia,” tulis Benny G Setiono Tionghoa dalam Pusaran Politik.

Komsomol (Kommunisticheskii Soyuz Molodyozhi) atau All-Union Leninist Young Communist League dibentuk pada 1918 sebagai organisasi pemuda berusia 14-28. Organ partai ini menyebarkan ajaran Komunis dan kaderisasi anggota Partai Komunis. Untuk usia 9-14 ditampung dalam All-Union Lenin Pioneer Organization, dan untuk anak-anak usia 9 tahun ke bawah dalam Little Octobrist. Seperti halnya Komsomol, Liga Pemuda Komunis China, yang dideklarasikan pada 1920 dengan nama Liga Pemuda Sosialis merupakan organ penting Partai Komunis China. Anak-anak di atas tujuh tahun bergabung dengan Pionir Muda Komunis. Liga Pemuda Komunis China ini telah melahirkan pemimpin teras China, seperti Presiden China Hu Jintao.

 

Terinspirasi Komsomol dan Liga Pemuda Komunis China, Sukarno mengusulkan agar menyatukan seluruh organisasi kepanduan ke dalam sebuah organisasi nasional. Selain itu, karena kepanduan di Indonesia menjadi onderbow partai politik. “Sesudah tahun 1920 timbul banyak sekali kepanduan Indonesia sebagai cabang (onderbouw) perkumpulan-perkumpulan orang dewasa; unsur politik nasional terkandung di dalamnya,” tulis AG Pringgodigdo dalam Ensiklopedi Umum. Dan, salah satu partai politik saat ini yang memilik divisi kepanduan adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Pandu Keadilan.

Gerakan kepanduan di Hindia Belanda, Nederlansche Padvinders Organisatie Vereeniging (NIPV) berdiri pada 1912. Empat tahun kemudian, Mangkunegara VII mendirikan Javaansche Padvinders Organisatie (JPO). “Maksudnya menjadi tempat pembibitan ketentaraan Mangkunegaran,” tulis Pringgodigdo. Setelah JPO, pada 1918 Muhammadiyah mendirikan Hizbul Wathon –nama semula Muhammadiyah Pandvinderij. Terutama di Semarang banyak kepanduan komunis berhubungan dengan PKI, yang anggotanya murid-murid sekolah Sarekat Islam (SI) Merah dan Sarekat Rakyat. Budi Utomo mendirikan Nationale Padvinderij pada 1921; Jong Java di Solo mendirikan Jong Java Padvinderij (1922), Jong Islamieten Bond di Jakarta mendirikan Nationaal Islamitische Padvinderij (1925), Jong Sumatranen Bond kemudian bernama Pemuda Sumatra membentuk Pandu Pemuda Sumatra (1926). SI Putih mendirikan Sarekat Islam Afdeeling Padvinderij (1927), dan Algemeene Studieclub di Bandung mendirikan Nationaal Padvinderij Organisatie.

Suburnya pertumbuhan organisasi kepanduan membuat pemerintah Hindia Belanda mendirikan cabang-cabang NIPV di setiap sekolah HIS, MULO, dan AMS. Pemerintah Hindia Belanda juga meminta semua organisasi kepanduan melebur ke dalam NIVP. Namun, ditolak, kecuali kepanduan milik kaum teosofi, Jong Indonesische Padvinders Organisatie (1927). Karena penolakan itu, pada 1928 NIPV melarang organisasi kepanduan Indonesia memakai istilah padvinders dan padvinderij. Dalam kongres kepanduan SI pertama (2-5 Februari 1928) di Banjarnegara, Jawa tengah, Haji Agus Salim mengusulkan, kata padvinders diganti dengan “pandu” (penunjuk jalan) dan padvinderij diganti “kepanduan”. Usul diterima, Sarikat Islam Afdeeling Padvinderij diganti menjadi Sarekat Islam Afdeling Pandu (SIAP).

Dalam perjalanannya, organisasi kepanduan membentuk federasi. Tapi, tak tahan lama, bahkan malah terpecah menjadi badan fusi kepanduan nasional dan kepanduan Islam. Pada zaman Jepang, semua organisasi kepanduan dibekukan. Diganti dengan gerakan semimiliter seperti Seinendan, Keibodan, dan lain-lain.

Sebelum penyerahan kedaulatan akhir tahun 1949 di daerah yang dikuasai Republik Indonesia hanya ada satu organisasi kepanduan. Tapi, waktu terbentuk Republik Indonesia Serikat, organisasi kepanduan mencapai 104 organisasi. Dan pada 1954 tercatat 71 organisasi kepanduan dengan jumlah anggota lebih kurang 194 ribu pandu putra dan 41 ribu pandu putri. Karena itu, pemerintah membentuk federasi yang terbagi dua: pandu putra dan putri. Sultan Hamengkubuwono IX memimpin ketua Ikatan Pandu Putra Indonesia (Ippindo). Walau demikian, kondisi kepanduan masih terpecah sehingga Menteri P&K Bahder Djohan sulit menentukan pembiayaannya. Jambore pertama yang diikuti 4 ribu pandu diadakan pada peringatan 17 Agustus 1955 di Pasar Minggu, Jakarta. Ippindo kemudian direorganisasi dan berganti nama menjadi Persatuan Kepanduan Indonesia (Perkindo) pada 1960.

Pada 1960, Sukarno memerintahkan Menteri P&K Prijono, yang beraliran kiri, untuk mempersatukan organisasi kepanduan Indonesia. Untuk itu, diadakan rapat di Ciloto. Rapat gagal mempersatukan kegiatan kepanduan. Menurut buku Sri Sultan, Hari-Hari Hamengku Buwono IX, Prijono dicurigai akan memberi nama Pionir Muda yang berbau komunis kepada kepanduan Indonesia. Dia juga mencoba mengubah warna kacu (dasi pandu) dengan warna merah. Rencanan Prijono ditentang. Dan, Sultan HB IX mengusulkan nama Pramuka.

Panitia terdiri dari Sultan Hamengkubuwono IX, Menteri P&K Prijono, Menteri Pertanian Dr Azis Saleh, dan Menteri Transmigrasi Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa Achmadi, berhasil membentuk organisasi Pramuka menggantikan organisasi-organisasi kepanduan. 

“Dalam anggaran dasar kepanduan yang ditandatangani Djuanda kata ‘Pandu’ diganti dengan ‘Pramuka’. Istilah Pramuka diambil Sultan dari istilah poromuko, semacam pasukan yang berdiri paling depan dalam peperangan. Jadi, tak benar anggapan bahwa kata itu dikenalkan oleh Menteri Prijono yang memperkenalkan istilah Pionir Muda,” demikian tertulis dalam Sri Sultan, Hari-Hari Hamengku Buwono IX. Sebagai kompromi, supaya kata Pramuka sama dengan Pionir Muda, sebutan itu diakali seolah-olah merupakan singkatan Praja Muda Karana, yang artinya warga negara muda yang bekerja.

Gerakan Pramuka disahkan dengan Keputusan Presiden No. 238 tanggal 20 Mei 1961, dan pelantikan Ketua Umum Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dilakukan pada 14 Agustus 1961, yang kemudian dijadikan Hari Gerakan Pramuka. Menariknya, dalam Keppres tersebut dinyatakan maksud dan tujuan Pramuka agar “pemuda Indonesia … ber-Panca-Sila, setia-patuh kepada NKRI, berpikir dan bertindak atas landasan-landasan Manusia-Sosialis-Indonesia…”

Ditulis oleh : aryono/ historia.co.id

Write Comment (4 comments)
Pramuka Bakal Jadi Mata Pelajaran Wajib di SD

ImageJAKARTA, Jika saat ini ada 10 mata pelajaran untuk siswa SD, nanti, jumlah mata pelajaran akan diringkas menjadi tujuh. Pramuka akan menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk siswa sekolah dasar (SD) pada tahun ajaran baru mendatang. Hal ini terungkap dalam draf perubahan kurikulum yang dipaparkan ke Wakil Presiden RI Boediono, Selasa (13/11/2012).

Selain Pramuka, enam mata pelajaran lain yang akan diajarkan di SD adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani serta Olahraga dan Kesehatan.

"Khusus untuk Pramuka adalah mata pelajaran wajib yang harus ada di mata pelajaran, dan itu diatur dalam undang-undang," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kepada pers di Kantor Wapres, di Jakarta, kemarin.

Salah satu ciri kurikulum 2013, khususnya untuk SD, adalah bersifat tematik integratif. Dalam pendekatan ini, mata pelajaran IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua pelajaran, yaitu dua mata pelajaran itu akan diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran.

Untuk IPA, lanjutnya, akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, sedangkan untuk IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Mendikbud mengatakan, kurikulum 2013 itu diharapkan bisa diterapkan mulai tahun ajaran baru 2013, tetapi sebelumnya akan diuji publik sekitar November 2012.

"Masyarakat bisa memberikan masukan atas setiap elemen kurikulum, mulai dari standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, hingga standar evaluasi. Dengan adanya uji publik ini, diharapkan kurikulum yang terbentuk telah menampung aspirasi masyarakat," papar Nuh.

Pemerintah berencana mengubah kurikulum SD, sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), serta sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik, melalui penilaian berbasis tes dan portofolio saling melengkapi.

"Siswa untuk mata pelajaran tahun depan sudah tidak lagi banyak menghafal, tetapi lebih banyak kurikulum berbasis sains," tambahnya. Menurut Nuh, orientasi pengembangan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, di samping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.

(Sumber : kompas.com )

Write Comment (24 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
<< Start < Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 91 - 100 of 555
fox.jpg
LAYANAN CHATTING