• Selamat atas pengukuhan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 - 2018.
  • Jadikan bulan Puasa untuk menempa karekter pengendalian diri, sabar dan ikhlas
  • Gunakan Hak Pilihmu dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 9 Juli 2014 mendatang
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tekpram
Blog - Content Section Layout
Dahlan Iskan: Pramuka Jangan Dimanfaatkan

ImageBANDUNG - Pramuka sebagai  organisasi pemuda harus mandiri dan jangan dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tertentu. Demikian diungkapkan Dahlan Iskan saat menjawab pertanyaan seorang anggota Pramuka tentang boleh tidaknya seorang pramuka melakukan hal-hal yang tidak boleh/dilarang pada acara Dialog Nasional Pramuka Pribadi Bangsaku di Hotel Grand Preanger, Rabu (14/11/2012).

Menurut Menteri BUMN ini, bahwa yang menarik dari Pramuka adalah kegembiraan. Dan gembira adalah dasar dari antusia. Orang tidak akan gembira bila dibatasi oleh larangan-larangan."Mana ada orang gembira kalau isinya larangan melulu. Jadi kalau menurut saya boleh (melakukan hal yang tidak boleh), asal tujuannya positif," kata Dahlan sambil tertawa.

Menurutnya, pramuka memiliki tiga kelebihan yakni ada penanaman logika, estetika dan etika. Dengan tiga hal tersebut, pramuka bisa berkembang dan menjadikan pramuka bisa berada di tengah masyarakat. Meningkatkan kemampuannya untuk masyarakat.

"Pramuka jangan dimanfaatkan oleh orang-orang untuk kepentingan tertentu. Kalau untuk kepentingan masyarakat tidak apa-apa," katanya. Pada acara yang digelar Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (Puslitbang) Gerakan Pramuka Jawa Barat, hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.

(sumber : tribunnews.com)

Write Comment (2 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Diklat Bagi Pramuka Penegak dan Pandega

ImagePendidikan dan Pelatihan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang dengan tujuan untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai segi kehidupan organisasi dan masyarakat sehingga dapat menjadi kader bagi Gerakan Pramuka dan Bangsa.

Sasaran Diklat Pramuka Penegak dan Pandega diarahkan pada tiga hal utama, yaitu menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pribadi dalam hal :

1. Mengelola satuan gerak yang meliputi satuan Ambalan, Racana, Satuan Karya, serta

    satuan bina yaitu Dewan kerja

2. Melatih orang lain menguasai keterampilan dan kepemimpinan khas Gerakan Pramuka

3.Penguasaan keterampilan yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan masyarakat.

 

Pengorganisasian Pendidikan dan Latihan

Organisasi Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan

Pandega terdiri dari unsur Penyelenggara dan Pelaksana : 

a.      Penyelenggara pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega adalah Kwartir Gerakan Pramuka

b.    Pelaksana pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega adalah Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka bersama-sama Dewan kerja Pramuka Penegak dan Pandega.

c.     Dalam melaksanakan tugasnya Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka membentuk Tim Pelatih dan menyiapkan instruktur yang dibutuhkan

d.      Instruktur adalah seorang pakar dibidang ilmu pengetahuan umum atau kepramukaan yang tidak berpredikat sebagai Pelatih Pembina Pramuka dan mempunyai tugas dan tanggungjawab memberikan materi dibidang keahlian/keterampilannya yang berkaitan dengan materi pendidikan dan pelatihan.

 

Jenis kegiatan pendidikan, pelatihan dan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan

Pandega terdiri atas:

a.      Latihan rutin;

Adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan yang dilakukan secara periodik di satuan penegak dan pandega ( gugusdepan, Satuan Karya, Ambalan/ Racana )

b.     Latihan gabungan;

Kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan yang dilakukan secara bersama-sama terdiri dari beberapa satuan penegak dan pandega dalam rangka meningkatkan koordinasi antar satuan, bertukar ketrampilan dan pengalaman serta kerjasama di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

c.      Perkemahan bakti Penegak/ Pandega dan Pekemahan Bakti Satuan Karya;

adalah kegiatan Pramuka dalam rangka bhakti pada masyarakat yang biasanya berwujud peran serta dalam kegiatan pembangunan dan kemah bakti  yang dilakukan berkaitan dengan pengetahuan dan ketrampilan kesakaan.

d.     Raimuna.

Adalah pertemuan Pramuka berbentuk perkemahan yang diselenggarakan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega baik putera maupun puteri dari berbagai satuan Pramuka bertujuan membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberikan kepada mereka kegiatan kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif.

e.     Perkemahan Wirakarya;

Perkemahan Wirakarya (PW) merupakan salah satu bentuk pertemuan Pramuka Penegak Pandega yang berbentuk perkemahan diselenggarakan oleh, dari dan untuk Pramuka Penegak Pandega dari berbagai Satuan Pramuka dalam rangka ikut serta dengan berbagai kegiatan pembangunan masyarakat sebagai bagian dari sikap menyatunya Gerakan Pramuka terhadap kegiatan masyarakat.

f.      Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat);

Gladian Pimpinan Satuan yang selanjutnya disingkat DIANPINSAT, adalah pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola satuan gerak yang meliputi Ambalan, Racana, dan Satuan Karya Pramuka

g.      Kursus Pengelola Dewan Kerja;

Kursus Pengelola Dewan Kerja yang selanjutnya disingkat KPDK, adalah pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola satuan bina yaitu Dewan Kerja

h.     Latihan Kepemimpinan Penegak dan Pandega;

Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan yang selanjutnya disingkat LPK, adalah pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengembangkan kemampuan dalam memimpin dan menggerakkan orang lain sesuai dengan perkembangan masyarakat;

i.       Kegiatan-kegiatan satuan karya;

Adalah kegiatan pendidikan dan latihan yang ada berkaitan dengan bidang satuan karya

j.       Kursus Instruktur

Kursus Instruktur adalah pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk memberi bekal kemampuan alih pengetahuan dan keterampilan kepada orang lain;

k.      Pendidikan dan Pelatihan khusus

Pendidikan dan pelatihan khusus, diarahkan untuk membekali Pramuka Penegak dan Pandega dalam suatu bidang pengetahuan, keterampilan dan lain-lain sesuai dengan perkembangan masyarakat.

Pendidikan dan Pelatihan khusus dapat dilaksanakan sendiri oleh Gerakan Pramuka atau berperanserta bersama instansi lain misalnya : Terjun payung, SAR, Selam, PPBN, Tarpadnas, P-4, Perkoperasian dll.

l.       Berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat, bakat, Penegak dan Pandega yang mengandung pendidikan lainya;

m.    Untuk Pandega dapat ditambah dengan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat;

 

Jenis kegiatan pendidikan, pelatihan dan pertemuan anggota Pramuka Penegak

Dan pandega diatur dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam

bentuk panduan tersediri.

 

Sumber : PP Diklat T/D dan PP Sisdiklat dalam GP.

 

Bentuk Stempel Untuk Pimpinan Saka

Pimpinan Saka adalah badan kelengkapan kwartir yang bertugas memberi bimbingan organisatoris dan teknis kepada Satuan Karya serta memberikan bantuan fasilitas dan dukungan lainnya. Pimpinan Saka dibentuk di tingkat Kwartir Cabang, Kwartir Daerah, dan Kwartir Nasional.

Pimpinan Saka dapat membuat stempel, sebagai berikut:

a. Bentuk: Empat persegi panjang tidak bersudut.

b. Isi: Gambar lambang berupa silhuete (bayangan) Tunas Kelapa.

c. Ukuran:

1) Tinggi : 44 mm

2) lebar dalam : 29 mm

3) lebar luar : 32 mm

Pimpinan Saka dapat membuat stempel dan kop surat Saka atas persetujuan dari kwartir yang bersangkutan dan menyelenggarakan administrasi surat menyurat dengan berpedoman pada Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Administrasi Gerakan Pramuka

Berikut contoh stempel di masing masing Pimpinan Saka :

 

SAKA BAHARI

Image 

 

 

SAKA BHAYANGKARA

Image 

 

 

SAKA BHAKTI HUSADA

Image 

 

 

SAKA DIRGANTARA

Image 

Orangtua Siswa Tuding Kwarcab Aceh Timur Tak Bertanggungjawab.

Image Langsa - Orangtua Riyanda Maulana, menuding pengurus Kwarcab Pramuka Aceh Timur tidak bertanggungjawab atas musibah yang dialami anaknya selaku anggota pramuka.

Di mana Riyanda terbakar saat mengisi minyak ke dalam obor, sehingga mengalami luka bakar cukup serius di bagian muka, leher, dada dan kedua tangan saat mengikuti perkemahan Saka Pangdam Iskandar Muda di Banda Aceh, Rabu (17/10) lalu.

"Anak saya merupakan siswa kelas VIII IPS SMA Unggul Aceh Timur dan mengikuti kegiatan perkemahan tersebut sebagai anggota pramuka," ungkap Ali Sadly kepada Analisa, Selasa (30/10).

Diungkapkan, saat berangkat ke Banda Aceh korban cukup sehat, namun pada Kamis (18/10) diperoleh kabar dari sepupunya yang juga mengikuti kegiatan pramuka tersebut kalau Riyanda mengalami musibah saat mengisi minyak ke dalam obor, sehingga muka, leher, dada serta kedua tangan mengalami luka bakar cukup parah.

Akibat kejadian tersebut, Riyanda langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Kasdam Banda Aceh untuk mendapat perawatan intensif. "Setelah dapat kabar, saya langsung berangkat ke Banda Aceh untuk melihat kondisi anak saya. Memasuki hari kedua dirawat kondisinya tidak juga membaik, sehingga terpaksa dirujuk ke RS Martha Friska di Medan. Bahkan, Riyanda sempat koma beberapa hari saat berada di ruang ICU karena mengalami sesak nafas akibat terlalu banyak menghirup asap obor, " ujarnya.

Tidak Membezuk.

Sangat disesalkan, selama korban dirawat di rumah sakit Ketua Kwarcab Pramuka Aceh Timur tak pernah sekali pun datang membezuk untuk melihat langsung bagaimana kondisinya.

Ironisnya lagi, pengurus Kwarcab tidak memberikan kabar saat korban mendapat musibah, yang melapor justru sepupunya.

"Kalau begini, siapa yang tidak khawatir. Untung saja saya cepat tahu dan membawanya langsung ke Medan untuk mendapatkan perawatan lebih baik. Kalau terjadi hal-hal tidak diinginkan, siapa yang akan bertanggungjawab," ujarnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Aceh Timur, Abdullah Arya kepada wartawan mengaku menyesal atas kejadian tersebut dan akan meminta maaf kepada orangtua Riyanda, karena pada saat kejadian ia tidak berada di lokasi dan baru akan pulang ke Aceh Timur usai melihat peserta Kemah Saka Panglima Iskandar Muda di Banda Aceh.

Diakui, pada saat kejadian ia sempat menelepon salah seorang kakak pembina di Kwarda tentang kondisi korban, tapi menurutnya korban sudah ditangani dokter. Atas kejadian ini selaku pengurus Kwarcab, Abdullah Arya merasa malu dan ingin meminta maaf kepada orangtua korban. "Wajar saja, orangtua korban marah kepada saya, meski kegiatan itu sendiri bukan undangan langsung ke Kwarcab Pramuka Aceh Timur, tapi penyelenggara menunjuk SMA Unggul untuk jadi peserta,"ujarnya.

Sementara Kepala SMA Unggul Aceh Timur, Muhammad Thaib mengatakan, sudah memberitahukan kejadian yang dialami Riyanda kepada Ketua Kwarcab melalui telepon selularnya. "Ketika saya kabari, saat itu Ketua Kwarcab mengaku sedang berada di luar kota," katanya.

(sumber : http://www.analisadaily.com)

 

Komentar admin : Salut untuk Ka kwarcab Aceh Timur.

Write Comment (5 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Tips Pasang Aksesoris Label Blog Pramuka

Tampilan blog agar nampak bagus dapat dihiasi dengan image/ gambar di sisi tas, bawah, kanan atau kiri namun tidak menggangu pandangan user dalam menikmati tampilan blog tersebut. Adakalanya aksesoris berbentuk seperti label ini dipasang pada blog sebagai promosi atau identitas tertentu. Kita akan bikin akseroris label blog ala pramuka dan dapat dipasang di blog kamu, seperti di bawah ini :

 Image

Gambar aksesoris ada bemacam, tinggal pllih selera mana yang cocok, seperti di bawah ini :

 Image

Image

Image 

Untuk dapat pasang kamu tinggal copy paste scriptnya disini.

<< Start < Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 91 - 100 of 552
LAYANAN CHATTING