• Tema Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014 : Mantapkan Pembentukan Karakter kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tekpram
Blog - Content Section Layout
Appel Pramuka berkenaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 22 Th.1967

Pidato-1967-72 Sambutan Pejabat Presiden Soeharto Pada Appel Pramuka

Pengarahan Presiden Pada Pelantikan Pengurus Kwarnas
 
 Image
 
 

PENGARAHAN

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

PADA

PELANTIKAN PENGURUS KWARNAS PRAMUKA MASA BAKTI TAHUN 2013-2018

DI

HALAMAN TENGAH ISTANA KEPRESIDENAN, JAKARTA,

TANGGAL 2 JUNI 2014

 

 

Dengan mengucap syukur Alhamdulillaah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT, atas nama negara dan pemerintah, dan selaku pribadi, saya mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Saudara-saudara sebagai Pimpinan, dan Pengurus, dan Anggota Kwartir Nasional.

 

Gerakan Pramuka sangat penting, karena melalui gerakan ini sesungguhnya kita mempersiapkan pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan. Melalui gerakan Pramuka,  kita mempersiapkan mental, pisik, integritas kepribadian, bahkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan generasai muda kita untuk pada saatnya siap mengemban tugas yang lebih mulia, lebih besar untuk  kepentingan bangsa dan negara.  Oleh karena itu, kami semua menitipkan kepada  pimpinan Dr. Adhyaksa Dault  dan semuanya untuk mengemban tugas ini dengan sebaik-baiknya.

 

Saya percayakan penuh kepada kepengurusan dan kepemimpinn yng baru ini, dan ubahlah sejarah. Sejarah menunjukkan bahwa bangsa-bangsa yang maju itu karena sumber daya manusianya  juga unggul dan maju, human capital.  Indonesia memiliki segalanya, sumber daya alam, wilayah yang luas, penduduk  yang besar,  posisi geografis yang amat strategis. Menjadi jembatan di antara Benua Asia dan Australia, di antara dua lautan, Lautan India dan Lautan Pasifik. Oleh karena itu,  hanya satu kata yang harus kita ikrarkan dan tekadkan, masa depan negeri ini  haruslah gemilang, jaya sebagaimana yang dicita-citakan oleh pendiri Republik,  oleh pemimpin-pemimpin terdahulu. Insya Allah, kita bisa, dengan cara, sekali lagi, mempersiapkan sumber daya manusia kita, human capital kita yang unggul, yang maju, yang berpengetahuan, yang sehat jasmani dan rohani, yang bermental baik,  yang rukun satu sama lain, dan di atas segalanya,  mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan, dan manajemen organisasi  yang baik pula. Di situlah arti penting gerakan Pramuka.

 

Lebih dini mempersiapkan pemimpin-pemimpin masa depan  lebih baik. Lebih baik banyak kita memberikan pengalaman kepada mereka, agar mereka mereka tahu untuk mencapai tujuan yang mulia tidak pernah  ada jalan yang lunak. Mereka harus mengalami sendiri tantangan demi tantangan, rintangan demi rintangan, permasalahan demi permasalahan agar mentalnya kuat, tangguh, ulet, dan tidak mudah menyerah. 

 

Di situlah sebenarnya keunggulan sebuah bangsa. Kalau kita bangsa Indonesia di masa depan memiliki pengetahuan dan penguasaan teknologi yang baik, dan disertai dengan mental yang tangguh, mental yang membaja, can do spirit, fighting spirit yang tinggi, maka tidak akan lama lagi, insya Allah seratus tahun dari kemerdekaan kita,  2045 mendatang Indonesia akan menjadi negara yang jauh lebih maju, dan di abad 21 ini,  insya Allah dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa dan  dengan kerja  keras kita Indonesia akan menjadi negara yang maju.

 

Dengan apa yang saya sampaikan ini, maka jalankan amanah, kehormatan, kepercayaan, dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi, saya titipkan masa depan bangsa ini,  masa depan generasi muda kita melalui pelatihan, pendidikan,  dan kegiatan apa pun yang dilaksanakan oleh gerakan Pramuka di seluruh Tanah Air.

 

Saya memiliki kenangan yang manis dengan pimpinan Kwarnas Gerakan Pramuka yang lalu, yang sama-sama kita cintai almarhum Prof. Dr. Asrul Azwar.  Almarhum adalah sahabat saya. Kita bisa berdiskusi berjam-jam, kita bisa datang ke daerah mana pun dengan semangat yang membaja untuk memajukan gerakan Pramuka, demi generasi muda kita, demi bangsa dan negara kita. Saya berharap Dr. Adhyaksa Dault juga sahabat saya, bisa meneruskan, melanjutkan apa yang telah dirintis oleh pemimpin sebelumnya. Dan, saya punya keyakinan beliau juga akan berhasil dengan  dukungan dan kebersamaan  Saudara semua. Itulah yang ingin saya sampaikan, sekali lagi,  selamat,  jalankan amanah ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan sebaik-baiknya.

 

Terima kasih.  

 

 

 

Asisten Deputi Naskah dan Penerjemahan,

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan,

Kementerian Sekretariat Negara RI

 
Download Pdf disini
Seragam Pramuka (Android)
Image
 

Diskripsi

Aplikasi ini dapat dipasang di android anda dan digunakan untuk belajar memahami tentang pakaian seragam pramuka sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012. Media ini menjelaskan tentang pengertian secara umum, dan mengenai jenis pakaian seragam pramuka berikut gambar contoh dan pola pakaian.

Mudah dibawa kemana saja maupun ketika menjelaskan tentang gambar pola/ potongan pada tukang jahit.

Pembuat / Pengembang : Gunawan Surendro/ www.pramukanet.org

Link download disini
Write Comment (1 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Radio Pramuka (Android)
Image
 

Diskripsi :

Aplikasi ini merupakan Radio Pramuka online (Streaming) milik Kwartir Daerah Jawa Tengah, Anda dapat mendengarkan siaran radio online dan lagu lagu pramuka dari ponsel android dan perangkat tablet hanya cukup dengan tekan tombol , andapun dapat mendengarkan streaming radio di manapun saat ini berada.

Pembuat / Pengembang : Gunawan Surendro/ radio.pramukajateng.or.id

Link download disini
Write Comment (1 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Sandi Pramuka (Android)
Image
 

Deskripsi

Aplikasi sandi pramuka adalah aplikasi yang mempelajari sandi-sandi pramuka khususnya tentang sandi morse dan sandi semaphore. aplikasi ini bersifat open source. materi pramuka yang terdapat dalam aplikasi ini membahas tentang bagaimana mempelajari sandi semaphore dengan baik dan menerjemahkan sandi morse kedalam text ke audio.

Pembuat/ Pengembang :  http://www.apsanka.blogspot.com/

Link instal via Google Play di sini
Write Comment (2 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
<< Start < Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 71 - 80 of 628
LAYANAN CHATTING