• Selamat atas pengukuhan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 - 2018.
  • Jadikan bulan Puasa untuk menempa karekter pengendalian diri, sabar dan ikhlas
  • Gunakan Hak Pilihmu dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 9 Juli 2014 mendatang
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tekpram
Blog - Content Section Layout
Pengorganisasian Dan Kegiatan Kepenegakan

Imagea. Ambalan Penegak

1) Ambalan Penegak idealnya terdiri atas 12-32 Pramuka Penegak yang dibagi menjadi 3-4 kelompok yang disebut Sangga.

2) Ambalan Penegak menggunakan nama dan lambang yang dipilih mereka sesuai aspirasinya dan mengandung kiasan dasar yang menjadi motivasi kehidupan ambalan.

3) Sangga

a. Sangga adalah kelompok belajar interaktif teman sebaya usia antara 16-20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.

b. Jumlah anggota sangga yang terbaik adalah 4-8 Pramuka Penegak.

c. Pembentukan sangga dilakukan oleh para Pramuka Penegak sendiri.

d. Nama sangga dipilih diantara nama-nama Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas dan

Pelaksana atau dipilih nama lain sesuai aspirasi mereka. Nama tersebut merupakan identitas sangga dan mengandung kiasan dasar yang dapat memberikan motivasi kehidupan sangga.

4) Untuk melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan, Ambalan Penegak dapat membentuk Sangga Kerja yang anggotanya terdiri atas anggota-anggota sangga yang ada, jumlah anggota disesuaikan dengan beban kerja atau tugas yang diemban.

5) Sangga Kerja bersifat sementara sampai tugas atau pekerjaan selesai dilaksanakan. Setiap ambalan dipimpin oleh seorang Pradana yang dipilih dari musyawarah anggota Ambalan. Karena masa Penegak adalah masa dimana seorang remaja sudah bermasyarakat maka susunan organisasi Ambalannya pun sama dengan susunan organisasi yang terdapat di masyarakat pada umumnya. Di dalam organisasi Ambalan terdapat Dewan Ambalan Penegak yang disebut Dewan Penegak dan Dewan Kehormatan.

b. Dewan Ambalan Penegak (Dewan Penegak)

Dewan Penegak, terdiri atas:

1) Ketua yang disebut Pradana;

2) Sekretaris yang disebut Kerani;

3) Bendahara yang mengatur keuangan dan harta benda milik Ambalan;

4) Pemangku adat yakni pemimpin tata-cara adat Ambalan, pada hakekatnya adalah penjaga

Kode Etik Ambalan;

5) Beberapa orang anggota.

Pembina Pramuka Penegak dan Pembantu Pembina Pramuka Penegak tidak masuk dalam Dewan Ambalan. Pembina Ambalan bertindak sebagai penasehat, pendorong, pengarah, pembimbing dan mempunyai hak dalam mengambil keputusan terakhir.

Dewan Penegak bertugas :

1) Merancang dan melaksanakan program kegiatan.

2) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan.

3) Merekrut anggota baru.

4) Membantu sangga dalam mengintegrasikan anggota baru dalam sangga.

 

c. Dewan Kehormatan Penegak

1) Untuk mengembangkan kepemimpinan dan rasa tanggungjawab para Pramuka Penegak, dibentuk Dewan Kehormatan Penegak yang terdiri atas para anggota Ambalan yang sudah dilantik dan diketuai oleh Pemangku adat.

2) Tugas Dewan Kehormatan Penegak adalah untuk menentukan:

- Pelantikan, penghargaan atas prestasi/jasanya dan tindakan atas pelanggaran terhadap kode kehormatan

- Peristiwa yang menyangkut kehormatan Pramuka Penegak

- Rehabilitasi anggota Ambalan Penegak

3) Dalam Dewan Kehormatan Penegak, pembina bertindak sebagai penasehat.

4) Pertemuan Dewan Kehormatan Penegak bersifat formal.

- Undangan disampaikan seminggu sebelumnya dan masalah yang akan dibicarakan diumumkan.

-   Peserta yang hadir menggunakan pakaian seragam

-  Tempat ditentukan lebih dahulu

Ambalan yang ideal memiliki markas Ambalan, yakni tempat di mana Ambalan itu berkumpul. Markas ini biasanya diberi nama “Sanggar”. Setiap Ambalan harus memiliki bendera Merah Putih, bendera Pramuka, bendera Ambalan/ pusaka Ambalan/tunggul Ambalan serta bendera WOSM, tiang bendera, tali-menali, dilengkapi dengan peralatan tulismenulis (mesin ketik, komputer, printer), peralatan memasak, serta peralatan perkemahan, serta perlengkapan adat.

Sesuai dengan metode satuan terpisah, maka Pembina Ambalan putra adalah seorang pria, dan Pembina Ambalan putri adalah seorang wanita. Hubungan antara Pembina Ambalan dengan anggota Ambalan Penegak seperti hubungan antara kakak dan adik, sedangkan hubungan Pembina Ambalan dengan Pembantu Pembina sama seperti hubungan pada anggota dewasa Gerakan Pramuka lainnya yakni hubungan persaudaraan atau kemitraan. Ambalan yang menginginkan materi-materi sebagai bekal keterampilan dalam hubungannya dengan life-skill, dapat meminta bantuan instruktur yang berkompeten di bidangnya. Ambalan mempunyai Sandi Ambalan berisi nilai-nilai dan norma-norma yang disepakati dan melandasi perjuangan kehidupan Ambalan.

 

SIFAT KEGIATAN KEPENEGAKAN

Sifat umum yang dimiliki Pramuka Penegak adalah semangat juang yang tinggi, idealisme, kemauan yang kuat, percaya diri, mencari jati diri, kreatif dan peduli terhadap lingkungan masyarakat, serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Mengingat sifat umum tersebut maka sifat kegiatan Kepenegakan secara umum masih memerlukan bimbingan orang dewasa dengan motto dari, oleh dan untuk Pramuka Penegak di bawah tanggungjawab orang dewasa.

Bentuk kegiatan Kepenegakan meliputi:

a. Bina Diri

Bina diri merupakan upaya peningkatan kemampuan jiwa dan keterampilan dengan cara menuntut ilmu pengetahuan.

b. Bina Satuan

Bina satuan merupakan upaya terus menerus mengabdikan diri pada perindukan Siaga atau pasukan Penggalang dalam keterampilan khusus atau inovatif.

c. Bina Masyarakat

Bina masyarakat merupakan upaya dan semangat untuk menjadi penyuluh dan pelopor pembangunan di masyarakatnya.

 

(Gs)

Radja Band siapkan album peduli Pramuka

ImagePraja Muda Karana atau Pramuka tentunya telah akrab dengan telinga masyarakat Indonesia. Sejak SD, gerakan ini telah disosialisasikan untuk membentuk anak bangsa yang berkarakter, penuh semangat kegotong-royongan.

Itulah pula yang membuat band sekelas Radja mau melakukan sebuah gebrakan peduli Pramuka. Menggandeng PT. Molino Pramuka sebagai salah satu unit usaha kwartir nasional gerakan pramuka, Radja pun tengah menyiapkan sebuah album bertajuk Dari Radja Untuk Pramuka Indonesia.

"Kita peduli sama generasi muda. Di sini Radja didaulat untuk menyanyikan lagu yang didaur ulang, Salam Pramuka dan dikemas dalam album yang nanti akan disosialisasikan ke komunitas Pramuka. Pramuka terkenal dengan sifat gotong royong, pramuka ini kan berskala nasional sangat senang, bangga, ini positif dan pencitraan Radja juga," ucap Ian Kasela saat ditemui di sesi pemotretan di Taman Pusdiklatnas, Cibubur, Jakarta Timur (20/7).

Ditambahkan oleh Radja, mereka sudah menyiapkan 10 lagu dengan campuran dari lagu-lagu Radja yang bertema semangat kebersamaan.

"Kita ada 10 lagu dengan campuran lagu Radja yang sifatnya lagu-lagu spirit kebersamaan, ada recycle ada Rasa Sayange, Di Sini Senang Di Sana Senang, Salam Pramuka," tambah Ian.

"Di sini kami tak terlalu memikirkan profit, karena ini adalah sebuah pencitraan positif yang didapat Radja," tandasnya. (sumber : merdeka.com)

 

 Image

Mau lihat aksi mereka Klik disini via youtube.com

Write Comment (5 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Pramuka AS Tetap Larang Anggota Gay

ImageUSA - Badan pramuka AS, Boy Scouts of America, menegaskan kembali larangan keanggotaan gay dalam organisasi mereka. Penegasan larangan disesuaikan dengan hasil evaluasi dua tahunan yang diadakan organisasi ini.

Menurut Bob Mazzuca, selama ini banyak orangtua anggota yang toleran terhadap isu orientasi seksual yang berbeda dalam keluarga serta lingkungan mereka "Namun karena lebih banyak yang setuju dengan peraturan kami, maka kami paham betul bahwa tidak ada satupun kebijakan yang mampu mengakomodasi perbedaan pandangan di antara anggota kami," kata Mazzuca.

Menurut kantor berita BBC, pada 2010, organisasi ini diperkenankan Mahkamah Agung AS untuk menetapkan larangan keanggotaan gay. Sebab, gay dinilai bertentangan dengan nilai-nilai kepanduan.

Akibatnya, selama ini anggota pramuka yang gay harus menutup rapat-rapat orientasi seksual mereka. Jika ketahuan atau memproklamirkan diri bahwa mereka memiliki orientasi seksual yang berbeda, mereka bisa dipecat.

Sudah ada beberapa orang dengan orientasi seksual berbeda yang kemudian dicoret dari keanggotaan. Contohnya Jennifer Tyrell, seorang ibu lesbian dari Ohio yang dicopot dari jabatannya sebagai bendahara. Dia kemudian berencana melayangkan petisi ke kantor Boy Scouts, menuntut supaya diizinkan bergabung kembali.

Selama satu setengah tahun terakhir, gelombang protes terhadap larangan ini bermunculan. Salah satunya CEO operator AT&T, Randall Stephenson, yang merupakan board member Boy Scouts. "Saya mendukung adanya perbedaan dan setuju bila peraturan ini diubah," katanya, dilansir kantor berita Reuters. (sumber : VIVAnews)

Write Comment (1 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Ratu dan Tuhan Dicabut dari Sumpah Pramuka

ImageCanberra. Gerakan pramuka perempuan (Girl Guides) di Australia mencabut penyebutan Ratu Inggris dan Tuhan dalam pengucapan sumpahnya.Selama 50 tahun, Ratu Inggris dan Tuhan masuk dalam tradisi sumpah pramuka putri. Ratu Inggris masuk dalam sumpah karena masih merupakan kepala negara Australia.

Sumpah yang sekarang digunakan, bersifat lebih modern. Tema utamanya adalah jujur kepada diri sendiri dan mengembangkan kepercayaan masing-masing.

Direktur Girl Guides Australia, Belinda Allen mengatakan, mereka ingin mencerminkan keragaman masyarakat Australia secara lebih baik.

"Ya, tidak semua sistem kepercayaan memiliki Tuhan. Ada banyak kepercayaan yang amat baik seara spiritual yang dianut masyarakat kesukuan dan tanpa ada Tuhan secara spesifik."

Allen juga menjelaskan, Ratu Inggris juga menjadi perdebatan di kalangan anggotanya. Pada akhirnya, bukan pengucapan nama yang diperlukan. "Amat kami rasakan bahwa dia (Ratu Inggris) tidak memerlukan kata, orang masih tetap bisa melayaninya dengan mengabdi pada Australia."

Perubahan tersebut ditempuh setelah pengkajian selama dua tahun, didasarkan survei kepada semua anggota. Namun, tidak semua pihak mendukung pencabutan Ratu Inggris dan Tuhan dari sumpah pramuka.

"Saya kira itu amat tidak konsisten dengan yang kita pahami, dengan aliran utama dalam pandangan masyarakat Australia dalam masalah ini dan saya berpendapat anggota Girl Guides tidak berbeda," tutur Direktur Eksekutif lembaga Ausralia untuk Monarki Konstitusi, Jai Martinkovits.

Selain dalam pengucapan sumpah, Girl Guides juga melakukan sejumlah perubahan lain. Seperti tidak lagi menggunakan seragam dan memperbarui tugas-tugas mereka.
Sementara pramuka putra (Australian Scout), menegaskan tidak berniat mengubah sumpahnya yang masih menyebutkan Ratu Inggris.

( Sumber : BBC/Wtr4/metrotvnews.com).

Write Comment (0 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Perkembangan Darma Pramuka dari masa ke masa

Sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor : 238 tahun 1961, Dasa Darma Pramuka adalah kode kehormatan yang merupakan janji ketentuan moral bagi pramuka. Pada UU Pramuka No. 12 tahun 2010 bahwa Darma Pramuka terdiri atas 10 (sepuluh) ketentuan darma  dan yang kemudian dalam ART Gerakan Pramuka disebut dengan Dasadarma , mengalami berbagai penyempurnaan sejak berdirinya Gerakan Pramuka sampai dengan seperti yang kita gunakan sekarang ini.

Berikut perkembangan atas perubahan dasadarma dari waktu ke waktu sebagai berikut :

I. Pada masa tahun 1961 – 1966.

Dasa Darma sbg lampiraan Keppres 238 Tahun 1961 yang merupakan hasil rumusan Panitia V pada Pembentukan Gerakan Pramuka.  Berisikan  :

1. Pramuka itu dapat dipercaya

2. Pramuka itu setia

3. Pramuka itu sopan dan perwira

4. Pramuka itu sahabat sesama manusia dan saudara bagi tiap-tiap pramuka

5. Pramuka itu penyayang sesama makhluk

6. Pramuka itu siap menolong dan wajib berjasa

7. Pramuka itu dapat menjalankan perintah tanpa membantah

8. Pramuka itu sabar dan riang gembira dalam segala kesukaran

9. Pramuka itu hemat dan cermat

10. Pramuka itu suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan.

 

II. Pada masa tahun 1966 – 1974.

Dasa Darma  merupakan hasil MUKERANPUDA ( sekarang Munas) tahun 1966, Berisikan,

1. Kami Pramuka Indonesia , bertakwa kepada Than YME

2. Kami Pramuka Indonesia,  berjiwa pancasila dan patriot Indonesia yang setia

3. Kami Pramuka Indonesia,  giat melaksanakan amanat penderitaan rakyat

4. Kami Pramuka Indonesia, ikhlas berkorban untuk keadilan dan kemulyaan Indonesia

5. Kami Pramuka Indonesia, bergotongrooyong membangun masyarakat Pancasila

6. Kami Pramuka Indonesia, dapat dipercaya dan berbudi luhur

7. Kami Pramuka Indonesia, hemat, cermas dan bersahaja

8. Kami Pramuka Indonesia, pantang putus asa dalam menanggulangi kesukaran

9. Kami Pramuka Indonesia, berjuang dg rasatanggungjawab dan gembira utk dapat berguna

10. Kami Pramuka Indonesia, berwatak kasatriadan bertindak dg disiplin.

 

III. Pada masa tahun 1974 – 1978

Berdasarkan amanat MPP 1970 dan Munas 1974 (Munas di Bukit Tinggi ) , merekomendasikan perubahan atas teks Dasa Darma.

Selanjutnya pada hasil  Lokakarya Nasional di Cibubur pada  tanggal 25 – 26 September 1978 menghasilkan perubahan isi teks Dasa Darma. Berisikan,

Dasa Darma

Pramuka Itu :

1. Takwa kepada Tuhan YME

2. Kasih sayang sesama manusia dan cinta alam

3. Patriot yang sopan dan perwira

4. Suka bermusyawarah dan patuh

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, riang dan terampil

7. Hemat, cermat dan bersahaja

8. Disiplin, setia dan berani

9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya

10. Suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan.

 

IV. Pada tahun 1978  :

Dilaksanakan Munas Gerakan Pramuka Di Manado ( Sulut ) dengan mengeluarkan memorandum tentang perumusan (ulang ) Dasa Darma. Selanjutnya diterbitkan SK Kwartir Nasional Nomor. 036 / KN/ 79. Dasa Darma tersebut berisikan,

Dasa Darma

Pramuka Itu :

1.    Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.    Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

3.    Patriot yang sopan dan kesatria.

4.    Patuh dan suka bermusyawarah.

5.    Rela menolong dan tabah.

6.    Rajin, terampil, dan gembira.

7.    Hemat, cermat, dan bersahaja.

8.    Disiplin, berani, dan setia.

9.    Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.

10.    Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

 

V. Pada tahun 2012  :

Sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka ( ART SK Kwarnas No. 203 tahun 2009), bahwa dasadarma yang berlaku saat ini memiliki isi teks yang mirip sama seperti tesebut di atas , hanya saja pada ART hasil Munaslub tahun 2012 telah menghilangkan kata  ” Pramuka itu : “ .

Selanjutnya Kode kehormatan Dasadarma tersebut digunakan untuk golongan Penggalang, Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan anggota dewasa.

Berikut isi Dasadarma berdasarkan hasil Munaslub tahun 2012,

Dasadarma

1.    Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.    Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

3.    Patriot yang sopan dan kesatria.

4.    Patuh dan suka bermusyawarah.

5.    Rela menolong dan tabah.

6.    Rajin, terampil, dan gembira.

7.    Hemat, cermat, dan bersahaja.

8.    Disiplin, berani, dan setia.

9.    Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.

10.    Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

 

Write Comment (1 comments)
<< Start < Previous 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Results 121 - 130 of 552
LAYANAN CHATTING