• Selamat atas pengukuhan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 - 2018.
  • Jadikan bulan Puasa untuk menempa karekter pengendalian diri, sabar dan ikhlas
  • Gunakan Hak Pilihmu dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 9 Juli 2014 mendatang
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tips & Trik
Aneka Tips dan trik ala Pramuka
Cara jadi Pramuka Siaga PDF Print E-mail

BAGAIMANA CARANYA MENJADI
ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

Menjadi anggota Gerakan Pramuka caranya sangat mudah dan secara umum melalui tahapan sebagai berikut :

Menjadi Pramuka Siaga
Datang ke Gugusdepan menyatakan ingin menjadi Pramuka.Diterima di Perindukan Siaga dengan status sebagai tamu Perindukan.

  1. Mengikuti latihan di perindukan berpakaian bebas. Kalau memakai seragam Pramuka belum boleh memakai tutup kepala, tanda pelantikan dan setangan leher.
  2. Menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga Mula, status sebagai calon Pramuka Siaga.
  3. Apabila telah menyelesaikan SKU dan lulus, maka calon Pramuka Siaga berhak dilantik oleh pembina Siaga. Pelantikan dilaksanakan dengan upacara dan setelah calon siaga mengucapkan janji Dwi Satya, ia berhak menggunakan tutup kepala, setangan leher dan tanda pelantikan.
  4. Setelah dilantik ia berstatus sebagai Pramuka Siaga Mula dan menjadi anggota Gerakan Pramuka yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dikeluarkan oleh Kwartir cabang.
  5. Tugas selanjutnya ialah melanjutkan kecakapan umumnya dan meraih kecakapan khusus sebanyak-banyaknya sebelum batas usia Siaga berakhir.
  6. Apabila ia telah menjadi Pramuka Siaga disuatu gugusdepan, karena sesuatu hal ingin pindah ke gugusdepan lain caranya adalah : Minta surat keterangan pindah dan keluar dari Gugusdepan yang di tuju. Menyerahkan surat keterangan tersebut kepada Pembina Gugusdepan yang di tuju.
  7. Setelah diproses dan diterima dalam suatu upacara maka nomor Gugusdepan yang lama dilepas dan diganti nomor Gugusdepan yang baru, demikian pula Kartu Tanda Anggotanya.
  8. Pramuka Siaga yang usianya telah lewat dari 10 tahun oleh Pembinanya akan di lepas dalam suatu upacara dan pindah ke golongan Pramuka Penggalang.
Write Comment (8 comments)
Cara jadi Pramuka Penggalang PDF Print E-mail

BAGAIMANA CARANYA MENJADI
ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

Menjadi anggota Gerakan Pramuka caranya sangat mudah dan secara umum melalui tahapan sebagai berikut :

Menjadi Pramuka Penggalang

Dari Pramuka Siaga dalam satu Gugusdepan.

Setelah dilepas dari Perindukan, ia diantar oleh Pembinanya diserahkan kepada Pembina Penggalang melalui Upacara. Setelah diterima ditempatkan di suatu regu dengan status sebagai Tamu.

       1. Setelah berhasil lulus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum. Penggalang Ramu, ia dilantik             oleh Pembinanya dalam suatu Upacara dengan mengucapakan janji Tri Satya dan disemati dengan         Tanda Tutup Kepala Penggalang, Tanda Kecakapan Umum Penggalang Ramu serta mendapat                 Kartu Tanda Anggota berstatus Pramuka Penggalang.

       2. Selanjutnya ia berhak meningkatkan kecakapan umumnya dan meraih kecakapan khusus                    sebanyak-banyaknya serta mengikuti berbagai kegiatan Pramuka Penggalang sampai batas usia            Penggalang berakhir.

Dari Pramuka Penggalang dalam satu Gugusdepan .

Menyerahkan surat keterangan pindah dari Gugusdepannya. 
1. Diterima dalam suatu upacara ditempatkan dalam suatu regu berstatus sebagai Tamu.

2. Mengikuti latihan dan menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) tingkat Penggalang Ramu . Pakaian yang dikenakan yaitu boleh memakai seragam pada saat menjadi Pramuka Siaga status sebagai calon Penggalang Ramu.
3. Setelah berhasil lulus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum Penggalang Ramu, ia dilantik oleh Pembinanya dalam suatu upacara dengan mengucapkan janji Tri Satya dan disemati Tanda Tutup Kepala Penggalang Kecakapan Umum Penggalang Ramu serta mendapat Kartu Tanda Anggota berstatus Pramuka Penggalang.
4. Selanjutnya ia berhak meningkatkan Kecakapan umumnya dan meraih kecakapan khusus sebanyak-banyaknya serta mengikuti sebagai kegiatan Pramuka penggalang sampai batas usia penggalang berakhir.

Dari anak Remaja yang belum pernah menjadi pramuka Siaga.

Datang ke Gugusdepan dan menyatakan minat menjadi Pramuka.

Diterima dan ditempatkan di pasukan dengan status Tamu.

  1. Mengikuti latihan rutin di pasukan dan menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang Ramu serta berstatus sebagai calon Penggalang Ramu. Pakaian bebas rapi dan apabila memakai seragam pramuka belum boleh mengenakan tutup kepala, setangan leher dan tanda pelantikan.
  2. Bila berhasil menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum Ramu, ia akan dilantik oleh Pembinanya melalui Upacara. Mengucapakan janji Tri Satya dan setelah itu disemati Tanda Pelantikan, Tanda Kecakapan Umum, tutup kepala dan setangan leher. Ia telah syah menjadi anggota Gerakan Pramuka kelompok peserta didik dan akan mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA).Selanjutnya ia wajib meningkatkan kecakapan umum di atasnya dan meraih kecakapan khusus sebanyak-banyaknya serta mengikuti berbagai kegiatan penggalang sampai batas usia penggalang berakhir.
  3. Pramuka Penggalang yang usianya lebih dari 15 tahun oleh pembinanya akan dilepas dalam suatu upacara dan pindah ke golongan Pramuka Penegak.
  4. Pramuka Penggalang yang usianya lebih dari 15 tahun oleh pembinanya akan dilepas dalam suatu upacara dan pindah ke golongan Pramuka Penegak.
Write Comment (58 comments)
Format Buku Agenda PDF Print E-mail

Buku Agenda

Buku agenda memiliki fungsi sebagai :

1. Mencatat seluruh surat masuk/ keluar.

2. Pengendalian distribusi atau peredaran surat sampai dengan pengarsipan.

3. Mengetahui jenis klarifikasi surat.

4. Mengetahui kebijakan atau tindakan yang diambil oleh pimpinan.

5. Alat ukur aktifitas suatu organisasi.

 

Surat Masuk

Ialah tulisan-tulisan atau berita-beita yang diterima dari instansi / pihak lain yang penerimaannya dipusatkan di sekretariat atau bagian lain yang diberi wewenang untuk tugas ini.

Surat Keluar

Ialah tulisan-tulisan atau berita-beita yang dikirimkan kepada instansi / pihak lain yang setiap konsep untuk diajukan kepada pimpinan disalurkan melalui Kepala Sekretariat/ Sekretaris atau pejabat yang diberi wewenang meneliti.

Format Buku Agenda

Image

 

 

KETERANGAN : 

Pada Kolom 5, pada Buku Agenda surat masuk ditulis Diterima Dari dan untuk agenda surat keluar ditulis Kepada

Pada kolom 6. ditulis nomor agenda surat masuk yang pernah diterima dan ada hubungannnya dengan surat yang sedang dicatat sekarang.

Pada kolom 8, ditulis nomor agenda surat yang masuk kemudian yang ada hubungannnya dengan suret tersebut




Write Comment (6 comments)
Edaran Larangan Berpolitik Praktis PDF Print E-mail
Dibawah ini merupakan surat edaran Kwartir Nasional yang intinya para anggota pramuka untuk tetap berpedoman pada AD /ART Gerakan Pramuka yakni yang berkaitan dengan Politik.

 

 

Nomor : 003 - 00 - A  

                                                                                                                       Jakarta, 4 Januari 2008

Lampiran : 1 (satu) berkas

Perihal : Pemahaman AD dan ART

 

Kepada Yth.

1.      Kakak Para Kakwarda Gerakan Pramuka

2.      Kakak Para Kakwarcab Gerakan Pramuka

di seluruh Indonesia.

 

Salam Pramuka,

Dengan ini kami ingin, mengingatkan kembali bahwa sesuai dengan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Pasal 7 ayat (3) serta Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Pasal 8 ayat (4), Gerakan Pramuka adalah Oraganisasi Pendidikan bagi kaum muda dan tidak menjalankan politik praktis.

Sehubungan dengan hal tersebut kami menghimbau kiranya Kakak-kakak sebagai Pimpinan Oraganisasi Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang tidak melibatkan Organisasi Gerakan Pramuka dalam kegiatan politik praktis. Jika ada diantara Kakak-kakak terjun aktif dalam kegiatan politik praktis. Misalnya ikut mencalonkan diri dalam pilkada dimohon untuk sementara menyatakan secara tertulis tidak aktif dalam kepengurusan Kwarda/Kwarcab.

Demikianlah atas perhatian serta kerjasama Kakak kami ucapkan terima kasih.

 
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Ketua

 TTD

 Prof. DR. dr. H. Azrul Azwar, MPH

 

Tembusan :

1.      Bapak Presidan RI selaku Kamabinas Gerakan Pramuka

2.      Bapak Menko Kesra RI selaku Kamabinari Gerakan Pramuka

3.      Para Gubernur selaku Kamabida Gerakan Pramuka

4.      Para Bupati/Walikota selaku Kamabicab Gerakan Pramuka

 

 

 

Kutipan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka

 Pasal 7

Sifat

1.      Gerakan Pramuka adalah gerakan kepanduan nasional Indonesia

2.      Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan ysng keanggotaannya bersifat sukarela tidak membedakan suku, ras, golongan dan agama

3.      Gerakan Pramuka bukan organisasi kekuatan social-politik, bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan social-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis

4.      Gerakan Pramuka ikut serta membantu masyarakat dengan melaksanakan pendidikan bagi kaum muda , khususnya pendidikan non formal diluar sekolah dan diluar keluarga

5.      Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu

 
Kutipan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka

 

Pasal 8

Sifat

1.      a. Gerakan Pramuka dapat didirikan di seluruh wilayah tanah air Indonesia

diikuti oleh seluruh bangsa Indonesia tanpa membedakan suku dan ras

b. Gerakan Pramuka tidak terlepas dari idealisme, prinsip dasar dan metode gerakan kepanduan sedunia

2.      Keanggotaan gerakan pramuka bersifat sukarela, yang berarti tidak ada

unsur kewajiban dan paksaan

3.      Gerakan pramuka dan politik

a. Gerakan Pramuka berpegang pada peraturan perundang-undangan Negara dan kebijakan umum pemerintah Republik Indonesia

b. Gerakan Pramuka bukan organisasi kekuatan sosial politik dan bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan social politik manapun. Semua jajaran Gerakan Pramuka tidak dibenarkan ikut serta dalam kegiatan yang bersifat politik praktis

c.  Anggota Gerakan Pramuka secara pribadi dapat menjadi

anggota suatu organisasi kekuatan social politik dengan ketentuan :

1)     Tidak dibenarkan menyiarkan faham politik yang dianutnya ke

dalam lingkungan Gerakan Pramuka

2)     Tidak dibenarkan mengenakan pakaian seragam Pramuka atau

tanda-tanda Pramuka pada waktu mengikuti kegiatan organisasi kekuatan

social politik dan melakukan kegiatan politik praktis

3)     Tidak dibenarkan mengenakan pakaian atau tanda-tanda yang

dipakai sebagai identitas organisasi kekuatan social politik pada waktu

menghadiri atau mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka

4.     Gerakan Pramuka dan Agama

a. Gerakan Pramuka memberi kebebasan kepada anggotanya untuk

beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing

b. Gerakan Pramuka membina anggotanya agar meningkatkan

ketaqwaan dan menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa

c. Gerakan Pramuka membina anggotanya untuk menumbuhkan dan

memupuk kerukunan hidup beragama dan kerukunan antar umat

beragama dengan saling menghormati dan menghargai agama dan

kepercayaan orang lain

 



Write Comment (4 comments)
Info dan Info PDF Print E-mail

 DAFTAR JUKRAN/SK KWARNAS YANG TELAH BERUBAH

DAFTAR PP

TERDAHULU

SEKARANG

Juklak Gudep Pangk .Perti

No :086 Tahun 1987

No : 180 A Tahun 2011

Jukran Pand.Kursus P Mahir

No : 090 Tahun 2001

No : 200    Tahun 2011







 


 HASIL LOMBA KONTES LOGO JOTA JOTI 2013 :
Pemenang 1 : Malaysia
Pemenang 2 : Panama
Pemenang 3 : Indonesia
Pemenang 4 : Indonesia
Pemenang 5 : Honduras

 


 

DAFTAR JUKRAN/SK KWARNAS YANG TELAH BERUBAH

DAFTAR PP

TERDAHULU

SEKARANG

Jukran Satuan Komunitas

No : 002 Tahun 2012

Nomor: 177 Tahun 2012

Jukran Gugus Darma

No : 001 Tahun 2012

Nomor: 176 Tahun 2012

Jurran Tanda Penghargaan

No : 184.A Thn 2008

Nomor: 175 Tahun 2012

Jukran Seragam Pramuka

No : 226 Tahun 2007

Nomor: 174 Tahun 2012

 

DAFTAR PP/ JUKLAK/SK KWARNAS YANG TELAH BERUBAH

DAFTAR PP

TERDAHULU

SEKARANG

PP SATUAN KARYA

No.181  Tahun 2007

No. 170.A Tahun 2008

PP TANDA PENGHARGAAN

No. 090 Tahun 1983

No. 184 A Tahun 2008

PP SAKA BAHARI

No. 019 Tahun 1991

No. 158 tahun 2011

PP SAKA BHAYANGKARA

No. 020 Tahun 1991

No. 159 Tahun 2011

PP SAKA DIRGANTARA

No. 018 Tahun 1991

No. 151 Tahun 2011

PP SAKA BAKTI HUSADA

No. 053 Tahun 1985

No. 154.A Tahun 2011

PP SISDIKLAT

No. 018 Tahun 2002

No. 202 Tahun 2012

PP MABI

No. 188 Tahun 2006

No. 225 Tahun 2007

 


HASIL LT V - NASIONAL TAHUN 2012

PUTRA

NO

PRESTASI

KWARTIR DAERAH

1

Regu Berprestasi Tinggi

Kwarda DI Yogyakarta

2

Regu Berprestasi Baik

Kwarda Jawa Barat

3

Regu Berprestasi Cukup

Kwarda Jawa Tengah

PUTRI

NO

PRESTASI

KWARTIR DAERAH

1

Regu Berprestasi Tinggi

Kwarda Jawa Barat

2

Regu Berprestasi Baik

Kwarda Jawa Tengah

3

Regu Berprestasi Cukup

Kwarda Banten

  


DAFTAR PP/ SK KWARNAS TERBARU

NO

SK KWARNAS

TENTANG

1

No. 199 Tahun 2011

Panduan Penyelesaian SKU

2

No. 202 Tahun 2011

Sistem Diklat Dalam Gerakan Pramuka

3

No. 203 Tahun 2011

Pedoman Akreditasi  Gugusdepan Pramuka

4

No. 001 Tahun 2012

PP Gugus Darma Pramuka

5

No. 202 Tahun 2012

PP Satuan Komunitas Pramuka

 


SELAMAT MEMANDU DAN BERKARYA , SATU PRAMUKA UNTUK SATU INDONESIA

 

<< Start < Previous 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Next > End >>

Results 316 - 324 of 552
LAYANAN CHATTING