• Selamat atas pengukuhan Pengurus Kwarnas masa bakti 2013 - 2018.
  • Jadikan bulan Puasa untuk menempa karekter pengendalian diri, sabar dan ikhlas
  • Gunakan Hak Pilihmu dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden , 9 Juli 2014 mendatang
  • Mari kita Galang aksi Pramuka Peduli berupa pelestarian alam dengan menjaga pohon pelindung di lingkungan kita
header image
Pramuka net home arrow Tips & Trik
Aneka Tips dan trik ala Pramuka
Dicanangkan, Gerakan Pramuka Karya Bakti Lebaran 2011 PDF Print E-mail

ImageJakarta: Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Kwartir Gerakan Pramuka seluruh Indonesia mengerahkan anggota Penegak dan Pendega untuk melaksanakan Karya Bakti Lebaran tahun 2011. Pencanangan gerakan ini dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Stasiun Gambir, Kamis ( 25/8) sore.

Upacara singkat ini dipimpin dengan pemimpin upacara Resta Fikruz Zaini. Dalam arahannya selaku Pembina Upacara, Andi mengatakan bahwa kegiatan ini kembali menunjukkan citra Pramuka, kepedulian Pramuka dan makna Pramuka bagi masyarakat.  Kegiatan ini kata Andi, sesuai Dasa Dharma Pramuka yang suka menolong orang lain. "Karena Dasa Darma Pramuka menyebutkan bahwa Pramuka suka menolong. Jadi, menolong di mana saja bagi mereka yang memerlukan pertolongan. Dulu waktu saya masih kecil, di Pramuka diajarkan bagaimana menolong orang menyeberang dan sebagainya," ujar Andi.

Bantuan Pramuka kali ini sangat penting, mengingat banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran. Peran Pramuka selaku generasi muda sangat penting dan harus berada di garda terdepan. Apalagi dalam prakteknya, para Pramuka akan membantu di posko-posko lebaran yang ditempatkan di stasiun kereta api, pelabuhan, bandara, terminal. Andi memberikan apresiasinya atas program yang dinilainya penting dan baik sekali. "Selamat bertugas dan harus bangga dengan tugas itu dan jalankan dengan baik," pesan Andi. Pencanangan ini dilakukan dengan memukul kentongan oleh Menpora.

Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Marsdya TNI Eris Herryanto mengatakan pengerahan anggota Gerakan Pramuka untuk memberi bantuan kepada masyarakat bagi kelancaran arus mudik di stasiun, terminal, pelabuhan, bandara dan tempat-tempat umum termasuk membantu Polisi Lalu Lintas dalam mengatur kelancaran lalu lintas di berbagai daerah.

Tujuan Aksi Pramuka Peduli Lebaran ini adalah untuk mendidik dan menumbuhkembangkan sikap kepedulian Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berkehidupan masyarakat dan menjadi motivator generasi muda dalam ikut serta membangun masyarakat. Kwarnas juga memberikan bantuan bingkisan lebaran kepada perwakilan petugas stasiun, terminal, pelabuhan, bandara, anak yatim dan kaum dhuafa.

Selain Ketua Kwarnas Azrul Azwar,  hadir pula sejumlah pengurus Kwarnas Joedjaningsih, Ketua Umum Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial Haryono Suyono dan dari jajaran Kemenpora Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Zubakhrum Tjenreng, Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda, Staf Ahli Menpora Bidang Pramuka Amran Razak

Write Comment (3 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
SBY: Gerakan Pramuka Selalu Relevan dengan Perkembangan Zaman PDF Print E-mail

ImageJakarta: Usia Pramuka yang mencapai setengah abad harus menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas Pramuka. Gerakan Pramuka selalu relevan dengan perkembangan zaman, membangun karakter pejuang. Hal ini dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara pada peringatan ke-50 Hari Pramuka, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8) sore.

Sejarah mencatat dengan tinta emas peran penting dan strategis Gerakan Pramuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sejak zaman kolonial hingga saat ini. "Pada masa-masa awal kebangkitan nasional, di era pergerakan nasional tahun 1920-an, para anggota Pramuka atau kepanduan ketika itu ikut serta dalam membangkitkan semangat kebangsaan dan berperan aktif dalam menggalang semangat persatuan," Presiden menjelaskan.

Pramuka juga mengisi kemerdekaan dengan berbagai aktivitas pembangunan dan mengambil peran besar sebagai wadah pendidikan karakter, untuk menyemai tunas-tunas muda menjadi pemimpin  bangsa masa depan. "Gerakan Pramuka selalu relevan dengan perkembangan zaman. Gerakan Pramuka, dengan banyak aktivitas positif di dalamnya, memiliki peran konstruktif dalam mencetak generasi muda  yang berkarakter kuat," SBY menambahkan.

Menurut Presiden, karakter pemuda dan pemudi bangsa Indonesia menjadi penting karena bangsa dan negara yang kuat dilandasi oleh karakter yang kuat. "Bangsa kita dapat tegak berdiri karena karakter pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa kita tidak pernah mengenal kata menyerah, apakah itu melawan penjajahan, melawan ketidakadilan, melawan kemiskinan, serta menghadapi berbagai bencana alam dan tantangan-tantangan krisis," uSBY menegaskan.

Meskipun selalu ada tantangan dan ujian sejarah, bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu karena memiliki karakter dan jati diri bangsa yang berdasarkan Pancasila. "Ingat, sesungguhnya kita adalah bangsa yang  berbudi luhur, bangsa yang ramah dan toleran. Bangsa yang selalu guyub dan bergotong royong, penuh tenggang rasa, dan tepo saliro dalam hubungan kekerabatan yang tinggi. Itulah karakter bangsa kita yang luhur. Karakter yang harus terus kita gelorakan," Presiden menandaskan. (presiden.go.id)

Write Comment (1 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Perubahan Kode Kehormatan ( Satya ) Pramuka PDF Print E-mail

Menjelang kegiatan Ulang Janji pada peringatan Hari Pramuka yang lalu, nampak 2 orang pembina tengah berdebat hangat, keduanya membincangkan penggunaaan bunyi/ kata satya yang akan dibacakan oleh pembina upacara yang diikuti oleh seluruh peserta Upacara Ulang Janji/ Renungan. Setelah ditelusuri ternyata ada yang berbeda kata pada kode kehormatan / Satya Pramuka.

Berikut perbedaannya :

AD GERAKAN PRAMUKA

KEPRES NO 24 TAHUN 2009

UU NO 12 TAHUN 2010

TENTANG GERAKAN PRAMUKA

Kode Kehormatan Pramuka yang terdiri atas Janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma merupakan satu unsur dari Metode Kepramukaan dan alat pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan.

Kode kehormatan pramuka merupakan janji dan komitmen diri serta ketentuan moral pramuka dalam pendidikan kepramukaan. Kode kehormatan pramuka terdiri atas Satya Pramuka dan Darma Pramuka.

Trisatya

     Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

-   Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan  Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.

-  Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

-   Menepati Dasadarma..

Satya Pramuka

“Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh sungguh Menjalankan kewajibanku terhadap  Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Darma Pramuka .

 

Akhirnya mereka bermusyawarah sebentar untuk membuat kesepakatan bersama, dengan menggunakan Satya Pramuka seperti yang tercantum dalam UU No. 12 tahun 2010.

Namun bagaimana jika menggunakan Tri Satya yang terdahulu, ini juga diperbolehkan mengingat pada Bab VIII, pasal 47 ayat d menyatakan bahwa :  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi sebagaimana dimaksud dalam huruf a wajib disesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang ini dalam waktu paling lama 2 (dua) tahun sejak Undang- Undang ini diundangkan, artinya bahwa diberikan waktu selambatnya 2 tahun untuk melakukan penyesuaian AD/ART Gerakan Pramuka, untuk itu sampai saat ini kita masih dapat menggunakan AD dan ART ( Kepres No 24 Tahun 2009 dan SK Kwarnas 203 tahun 2009 ) sebagai dasar dalam melaksanakan kegiatan Pramuka sehari-hari.

Maka dan selanjutnya tidak perlu berdebat lagi mana yang paling benar, hal ini karena kedua-duanya benar dan keduanya memiliki dasar hukum yang kuat dan keduanya telah diatur dalam UU Gerakan Pramuka.

Lima Elang: Lima Jagoan Berseragam Pramuka PDF Print E-mail

ImageMinimnya film untuk keluarga khususnya anak-anak menjadi latar belakang film Lima Elang diproduksi. Film yang juga dipersembahkan untuk memperingati ulang tahun Pramuka ke-50 ini, merupakan sajian yang pas untuk anda saksikan besama seluruh anggota keluarga.

Lima Elang mengisahkan  Baron (Christoffer Nelwan) yang harus pindah ke Balikpapan bersama kedua orang tuanya. Di lingkungan barunya itu ia pun selalu menutup diri dan terkesan menghindari teman-teman di sekolahnya.

Baron yang memiliki hobi bermain mobil RC (remote control) terpilih mewakili sekolahnya ikut perkemahan Pramuka dan satu regu dengan Rusdi (Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan), pramuka yang ramah dan selalu optimis. Bersama dengan anggota lain, Anton (Teuku Rizky Muhammad), dan Aldi (Bastian Bintang Simbolon) keempatnya mengikuti perkemahan tingkat daerah se Kalimantan Timur.

Namun ternyata keikutsertaan Baron dalam acara ini memiliki tujuan lain. Tujuan yang akhirnya membawa mereka pada sebuah petualangan di tengah hutan yang tidak akan pernah mereka duga sebelumnya. Ditemani Sindai (Monica Sayangbati), kelima Elang ini mencoba menyelesaikan masalah yang mereka buat.

Dari awal Lima Elang memang kental dengan nuansa pramuka, wajar memang karena itulah tema yang diusung dalam film garapan Rudi Soedjarwo ini. Di tengah minimnya minat anak-anak sekarang untuk ikut kegiatan pramuka, film ini bisa dijadikan sebagai titik balik kejayaan pramuka.

Tidak tanggung-tanggung, untuk menyemarakkan film, hampir seribu anggota pramuka diikutsertakan. Pesan yang ingin disampaikan pun tidak lepas dari prinsip luhur yang ada dalam Dasa Darma Pramuka.

Bagi Anda yang pernah mengikuti pramuka saat sekolah, Lima Elang bisa dijadikan nostalgia yang menyenangkan dan merupakan tontonan yang sangat aman dan mendidik bagi anak-anak. Lima Elang akan tayang di bioskop mulai 25 Agustus 2011. (http://www.21cineplex.com)

Write Comment (8 comments)Tulis Pesan (0 Pesan-pesan lanjutan)
Lomba Karya Tulis dan Fotografi Pramuka PDF Print E-mail

Lomba Karya Tulis dan Fotografi HUT ke-50 Gerakan Pramuka

ImageDalam rangka memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2011 yang sekaligus merupakan HUT ke-50 Gerakan Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan lomba karya tulis dan lomba foto tentang kepramukaan bagi wartawan dan umum. Lomba karya tulis dan lomba foto tentang kepramukaan bagi wartawan dan umum Tahun 2011 ini pelaksanaannya dikaitkan dengan penyelenggaraan peringatan Tahun Emas “50 Tahun Gerakan Pramuka” pada bulan Agustus 2011 dengan tema “Satu Pramuka Untuk  Satu Indonesia, Jayalah Indonesia”.

Karya tulis yang telah dimuat pada surat kabar/media cetak dan media online dan karya foto dalam kurun waktu 22 Februari s.d 10 Juli 2011 dihimpun dan dikirim kepada panitia  pelaksana, Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Gerakan Pramuka, Jl. Medan Merdeka Timur 6, Jakarta Pusat 10110 paling lambat tanggal 15 Juli 2011.


Pemenangnya akan diumumkan pada acara Upacara Hari Pramuka tanggal 14 Agustus

2011 di Jakarta yang direncanakan dihadiri oleh Presiden RI selaku Ketua Majelis

Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka (Kamabinas).

Dalam rangka memperingati 50 Tahun Gerakan Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan

Pramuka menyelenggarakan Lomba Karya Tulis dan Lomba Foto tentang Kepramukaan.

 

Ada pun ketentuan umum dan ketentuan khusus lomba karya tulis dan lomba foto tentang

kepramukaan bagi wartawan dan umum adalah sebagai berikut:

 

A.         Ketentuan Umum:

1. Tema “Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia”. Semua karya yang diikutkan harus sesuai dengan tema, tetapi judulnya tidak perlu sama dengan tema.

2. Peserta adalah Warga Negara Indonesia, baik yang berada di dalam maupun luar negeri.

3. Tidak ada batasan usia.

4. Peserta harus melampirkan surat keterangan yang berisikan pernyataan bahwa karya tersebut memang merupakan karya asli (original) peserta, disertai nama lengkap, alamat lengkap dengan kode pos, pekerjaaan/pendidikan, alamat email kalau ada, dan nomor telepon yang mudah dihubungi.

5. Karya dikirimkan dalam amplop tertutup (khusus untuk yang diikutkan dalam lomba foto, karya yang dikirimkan tidak boleh dilipat) ke alamat:

Panitia Lomba Karya Tulis

dan Lomba Foto Kepramukaan,

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,

Jalan Medan Merdeka Timur No. 6

Jakarta 10110.

 

6. Semua karya diterima oleh panitia paling lambat tanggal 15 Juli 2011.

7. Semua karya yang masuk dan memenuhi ketentuan umum serta ketentuan khusus, akan dinilai oleh dewan juri yang berkompeten. Keputusan dewan juri adalah final dan tidak diadakan surat-menyurat untuk membahas keputusan tersebut.

8. Semua karya yang masuk menjadi milik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, namun hak cipta tetap pada pembuat karya.

 

Hadiah Lomba Karya Tulis:

 

1. Juara I dengan hadiah Rp 7.500.000,-,

2. Juara II dengan hadiah Rp 5.000.000,-,

3. Juara III dengan hadiah Rp 3.000.000,-.

 

Hadiah Lomba Foto:

 

1. Juara I dengan hadiah Rp 5.000.000,-

2. Juara II dengan hadiah Rp 3.000.000,-

3. Juara III dengan hadiah Rp 2.000.000,-.

 

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berhak untuk menggunakan karya-karya para

pemenang untuk keperluan apa pun.

 

• Peserta yang ikut berarti menyetujui dan bersedia mematuhi ketentuan umum dan

ketentuan khusus yang ditetapkan.

 

B. Ketentuan Khusus:

 

I. Lomba Karya Tulis Kepramukaan:

 

1. Karya tulis berbentuk tulisan ringan (feature) atau artikel berisikan hal-hal sesuai tema yang ditetapkan.

2. Karya tulis sudah harus dimuat di media massa cetak atau online dalam kurun waktu 22 Februari 2011 sampai 10 Juli 2011.

3. Karya tulis dikirimkan dalam bentuk kliping hasil pemuatan di media massa cetak dan online (kalau dimuat di media massa online, peserta harus menyertakan pula link website media online di mana tulisan itu dimuat), serta dilengkapi satu soft copy-nya (dikirim dalam bentuk CD).

 

II. Lomba Foto Kepramukan:

1. Foto yang dilombakan adalah foto cetak warna berukuran 10R (20 x 27 cm) dan dibuat dalam kurun waktu 2010-2011.

2. Olah digital hanya diperbolehkan sebatas cropping, adjustment brightness/contrast, dan rotate canvas.

3.  Foto dicetak di atas kertas foto warna doff dan belum pernah diikutkan dalam lomba foto lainnya.

4. Foto yang berhasil dimuat di media massa cetak antara 22 Februari 2011 sampai 10 Juli 2011 akan mendapatkan nilai tambah tersendiri dari dewan juri. Peserta harus membuktikan dengan mengirimkan klippin karyanya yang dimuat di media massa cetak.

5. Selain dalam bentuk cetak warna, foto juga harus dikirimkan dalam bentuk soft copy (dalam CD), dengan ukuran salah satu sisi minimal 1000 pixels dan resolusi minimal 200 pixels/inch.

 

Jakarta, Maret 2011

 

Telp. (021) 3507645

Fax. (021) 3507647

 

E-mail:

Write Comment (0 comments)Tulis Pesan (1 Pesan-pesan lanjutan)
<< Start < Previous 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

Results 181 - 189 of 552
LAYANAN CHATTING